Sudah Jadi Kebiasaan Simpan Dompet di Saku Belakang, Padahal Penyakit Berbahaya Taruhanya



Punya uang, siapa yang tidak mau. Tapi kalau bawa uang banyak sebaiknya jangan. Karena selain berbahaya kecopetan ternyata membawa uang di dompet yang biasa ditaruh di saku belakang bisa memberikan efek buruk juga bagi kesehatan.

Dompet tebal yang dimasukkan ke dalam saku celana belakang - biasanya oleh para lelaki di saku kanan - bisa menyebabkan nyeri di sekujur kaki. Arti dompet tebal di sini benar-benar dompet berukuran tebal, karena ada banyak uang atau kartu yang disimpan di dompet.

Gangguan ini bisa disebut "pegal gara-gara dompet" (wallet sciatica). Karena memang umumnya, disebabkan kebiasaan menaruh dompet berukuran tebal di saku celana belakang, entah saku kanan ataupun saku kiri.

Baca Juga : Hati-Hati, 6 Tanda Ginjal Rusak ini Sering Tak Disadari dan Diremehkan

Pemilik dompet tidak sadar ketika duduk dompetnya menekan bokong. Jika hal itu berlangsung terus, lama kelamaan bisa muncul gangguan pada area kaki belakang.

Penjelasannya, dompet atau benda yang tebal akan menekan saraf sciatic atau berpengaruh pada otot piriformis hingga berakibat gangguan pada saraf-otot. Akibatnya akan terasa nyeri, pegal, atau kesemutan pada daerah bokong.

Rasa tidak nyaman itu juga bisa menjalar pada sepanjang saraf sciatic, dari bokong sampai ke tumit. Jangan sepelekan jika sudah terkena gangguan ini, karena bisa mengganggu kualitas hidup.

Baca Juga : Anda Perlu Refresing Jika Sudah Begini, Karena ini Pertanda Anda Stres Melebihi Batas

Dan beberapa ahli telah memberikan pernyataan dimana para orang yang terbiasa duduk dengan dompet di saku belakang celananya beresiko untuk merusak saraf saraf kuncinya atau yang lebih dikenal sebagai hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy.

Posisi dompet saat diduduki dapat menekan saraf di belakang tubuh dan jika hal ini dilakukan terus menerus dapat memicu keluhan berupa sakit punggung bagian bawah, rasa sakit dan mati rasa pada pergelangan kaki atau bagian bawah kaki, dan yang lebih parah adalah rasa sakit saat berjalan, duduk, maupun berbaring.

Cara mencegah gangguan ini cuma satu: jangan menyimpan dompet di saku belakang. Selain bisa mencegah nyeri, risiko kecopetan juga lebih kecil.

loading...
Top