Sssst, Bunda Bisa Tanam Sendiri 6 Sayuran ini dari Bahan Sisa Masak di Dapur



Hmm, asiknya kalau punya sayuran dan bumbu fresh yang bisa langsung petik sendiri saat mau memasak. Karena itu bunda tak perlu membuang sisa-sisa bahan dapur ini, karena masih bisa dimanfaatkan. Bahkan akan membuat kita terkejut melihat hasilnya.

Tak perlu membeli bibit tanaman. Seledri, bawang, dan sawi-sawian termasuk jenis sayuran yang mudah ditanam. Bunda bisa menanam sisa batang yang tak dimasak di gelas berisi air atau pot. Asal dirawat dengan baik, bunda bisa memanen sayuran gratis untuk selamanya. Nah, apa saja yang bisa ditanam dengan mudah. Ini 6 tanaman yang dapat bunda tanam dari sisa bahan masak dikutip dari merdeka,

1. Daun Bawang Putih



Menanam bawang putih memang urusan petani. Tetapi kalau sekadar menumbuhkan daun bawang putih, kita juga bisa, kok. Daun bawang putih juga bisa disantap. Bisa digunakan sebagai pengganti daun kucai pada masakan tradisional.

Baca Juga : Asap Obat Nyamuk Bakar Adalah Racun Kelas Satu di Dunia, dan Telah Dilarang Penggunaanya

Letakkan bawang putih pada gelas yang sudah diisi sedikit air. Letakkan bagian pangkal di bawah. Dalam waktu beberapa hari tunas daun akan tumbuh. Pindahkan ke tanah yang subur agar bisa tumbuh dengan leluasa.

2. Seledri


Bunda bisa menumbuhkan kembali seledri dengan memotong dasar batangnya. Pilih batang seledri yang tebal. Kemudian tempatkan dalam semangkuk air di tempat yang cerah. Jangan sampai seluruh batang tenggelam.

Daun baru akan mulai tumbuh dan menebal setelah 7 hari. Kemudian, pindahkan seledri ke dalam pot berisi tanah.

3. Pok choy


Potong pangkal batang pok choy dan tempatkan dalam mangkuk rendah. Tambahkan sedikit air dalam mangkuk. Ganti air setiap minggu.

Dalam seminggu, tunas daun akan tumbuh dari bagian tengah pangkal batang. Pindahkan ke pot berisi tanah, kemudian siram secara rutin. Pok choy bisa dipanen utuh setelah lima bulan.

4. Sawi Putih


Kita bisa menanam sawi putih dengan metode yang sama seperti pok choy. Potong pangkal batang dan tempatkan dalam mangkuk rendah. Tambahkan sedikit air dalam mangkuk dan biarkan sampai daun baru bertunas.

5. Romaine Lettuce


Gunakan cara yang sama dengan sawi putih dan pok choy untuk menanam romaine lettuce. Sayuran ini bahkan lebih cepat tumbuh daripada pok choy dan sawi putih.

6. Bawang prei


Potong batang bawang prei sekitar 2 cm dari akar. Kemudian tempatkan dalam segelas air. Ganti air secara berkala.

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa Bunda tanam sendiri dengan mudah. Silakan dipraktikkan saat waktu luang. Dijamin bikin rumah makin seger, dengan adanya hijau-hijauan.


Top