SMP di Probolinggo Sudah Absen Pakai Pemindai Sidik Jari, SMP Lain Kapan?


Smp di jombang ini juga sudah menerapkan absensi fingerprint scanner

Fingerprint scanner atau pemindai sidik jari yang biasa digunakan oleh perusahaan perusahaan swasta kini juga telah diterapkan diberbagai BUMN dan kantor- kantor pemerintahan. Tapi kali ini lebih keren, karena fingerprint scanner ini dijadikan sarana absensi siswa SMPN 1 Krejengan, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Anak Memakai Rok Mini, Ibu dan Ayah Turut Berdosa?

Inisiatif ini sudah dilakukan sejak satu bulan lalu. Scanner ini dimaksudkan sekolah untuk mengawasi kedisiplinan para pelajarnya.


SMPN 1 Krejengan

Kepala SMPN 1 Krejengan Budiono mengungkapkan, penerapan pemindai sidik jari siswa ini dilakukan menyusul adanya kegelisahan dari para orang tua terhadap anak-anak.

Sebab sudah banyak kejadian anaknya pamit ke sekolah ternyata tidak ada di sekolahnya.

"Siswa datang dan pulang langsung melakukan fingerprint. Setelah itu, orang tua langsung menerima sms jika anaknya sudah ada di sekolah lengkap dengan jamnya. Jadi anak sudah tidak bisa lagi membohongi orang tuanya. Paling tidak ini bisa memberikan kepastian dan ketenangan kepada orang tua," ujar Budiono seperti dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Dengan sistem ini, semua orang tua dan wali kelas akan mendapatkan notifikasi lengkap kapan siswa masuk dan keluar dari sekolah.

"Tidak hanya orang tua, semua guru juga menerima rekapan kehadiran siswanya. Tapi khusus untuk wali kelas hanya menerima siswa yang ada di kelasnya saja," lanjutnya.

Lebih lanjut, Budiono mengatakan inti dari penerapan sistem ini untuk menanamkan sifat kejujuran dan tepat waktu bagi seluruh muridnya.

"Sehingga dampaknya diharapkan program pendidikan bisa tercapai. Dimana anak sudah siap menerima pelajaran karena dari rumah sudah fokus untuk belajar," tegasnya.

Semoga segera dicontoh oleh sekolah-sekolah lain ya. Hal ini memang dimaksudkan untuk meminimalisir bolosnya siswa. Karena begitu siswa absen di fingerprint ada program yang langsung terkoneksi yang akan mengirimkan sms untuk masing-masing siswanya.
Top