Siaran Langsung Jamaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah



Sebanyak jutaan umat muslim yang berasal dari seluruh dunia telah memadati padang Arafah guna menjalankan wukuf.
Wukuf merupakan puncak dari seluruh rangkaian ibadah haji yang dilaksanakan hanya satu hari (siang hari) dari matahari bergeser tengah hari pukul 12 siang hingga matahari terbenam, Minggu (11/9/16).
Wukuf di Arafah mencerminkan puncak penyempurnaan haji. Status hukum Wukuf di Arafah adalah rukun yang kalau ditinggalkan maka hajinya tidak sah.

Seperti dilansir melalui laman Aljazeera, Minggu (11/9/16), lebih dari 1,5 juta umat muslim yang berasal lebih dari 150 negara, termasuk Indonesia, telah bersiap untuk melakukan wukuf di padang Arafah yang berjarak 14,4 kilometer dari Makkah.

Baca Juga : ARAB SAUDI: Listrik Padam 15 Menit saat Jemaah Tengah Wukuf di Arafah

Melihat tingginya jumlah jamaah haji yang memadati Arafah, pihak pemerintah setempat telah meningkatkan keamanan guna mengurangi terjadinya insiden yang menimpa para jamaah.

Upaya peningkatkan standar keamanan tersebut salah satunya dengan memberikan gelang elektronik yang telah berisikan indentitas lengkap dan data catatan kesehatan setiap jamaah yang akan memudahkan pihak otoritas setempat memberikan pelayanan kepada jamaah.

Selain itu terdapat ribuan kamera CCTV yang telah dipasang disetiap sudut di Mekah dan sekitarnya untuk memotir pergerakkan masa yang tinggi.

Berikut siaran langsungnya:


Mengutip dari beberapa netizen yang berada di Mekah, saat ini nampak jalan raya dari Masjid Nameera Arafat telah dipenuhi para jemaah yang melakukan prosesi wukuf. Menurut postingan seorang netizen cuaca di Arafah saat ini cerah dengan suhu sekitar 37 derajat celsius.
loading...
Top