Seluruh Umat Islam Dilarang Berpuasa Tiga Hari Kedepan, Apa Itu Hari Tasyrik ?

Mulai hari ini, Selasa (13/9/2016) umat muslim dilarang untuk berpuasa untuk menyambut hari Tasyrik. Karena itu Imam besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar mengimbau kepada seluruh umat muslim agar menghormati datangnya hari Tasyrik.



Seperti yang dilansir dari makassartoday.com “Iya hari ini sampai tiga hari ke depan, Selasa, Rabu, Kamis namanya hari tasyrik, emang tidak boleh (puasa) karena masih dalam rangka lebaran,” ucap Kiai Nasaruddin kepada awak media saat dihubungi, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2016).

Meski tidak diperbolehkan berpuasa, Kiai Nasaruddin mengatakan bahwa pada hari Tasyrik, umat muslim masih diperbolehkan menunaikan kurban, apabila tak sempat melakukannya pada hari raya Idul Adha di hari pertam.

“Kita tidak boleh melakukan puasa tetapi kita masih diberikan kesempatan berkurban,” tuturnya.


Apa Itu Hari Tasyrik?


Hari Tasyrik merupakan hari raya umat Islam yang jatuh setelah Idul Adha yaitu hari ke 11, 12 dan 13 pada bulan zulhijjah menurut kalender Islam. Pada hari tersebut jamaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di Mina.

Hari tasyrik merupakan salah satu hari di mana umat Islam dilarang berpuasa karena pada hari Tasyrik adalah hari untuk makan dan minum, sesuai hadits Rasulullah Muhammad yang diriwayatkan Thabrani.
loading...
Top