Sangat Disayangkan, Beginilah Curahan Hati Netizen : "Bagaimana Mencari Solusi Terbaik Menangani Sampah Yang Merusak Rinjani"

Survei Komunitas Sapu Gunung menemukan 453 ton sampah terhadap sampah di delapan taman nasional dan tiga gunung. Sampah tersebut berasal dari 150.688 pendaki per gunung per tahunnya. "Sama dengan sekitar tiga kilogram sampah per pengunjung," ujar Koordinator Sapu Gunung Indonesia, Syaiful Rochman, dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat, 29 April 2016.



Sampah terbanyak ditemukan di Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman nasional seluas 40 hektare yang terbentang di wilayah tiga kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini didatangi 36.500 pendaki per tahun dengan rata-rata sampah yang dihasilkan sebanyak 160,24 ton.

Sungguh sangat miris jika melihat sebuah taman nasional yang seharusnya menjadi tempat yang indah untuk menikmati sebuah pemandangan alam yang masih alami harus ternodai dengan banyaknya sampah yang menggangu suasana keasrian gunung yang sangat populer bagi pendaki ini.

Seperti yang di ungkapkan seorang pengguna sosial media berikut ini dengan akun bernama Royal di sembahulun, dengan sumber foto dari Rody Cdcsembalun :

"Andai saja saya yang berkuasa atas Taman Nasioanl Gunung Rinjani pasti saya akan berpikir keras bagaimana mencari solusi terbaik menagani sampah yang merusak Rinjani. Tapi sayang saya hanyalah orang biasa yang hanya bisa meneriaki telinga yang tuli. Saya sebgai orang lokal hanya bisa pasrah dengan keaadaan Rinjani Saat ini, sambil berpikir bgaimana caranya agar orang2 yang mngatakan diri mereka sebgai pnguasa Rinjani menemukan cara dan pola yang tepat mewujudkan Rinjani yang Lebih baik"

Sampah Berserakan Dimana-mana


Sampah Sisa Hasil Pengunjung




Top