Penting, Baca Tips Berikut Sebelum Berangkat Liburan


Sebelum pergi liburan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan supaya liburan berjalan tanpa ada halangan. Hal ini dimaksudkan agar liburan berjalan lancar, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membuat liburan kurang nyaman atau malah tidak nyaman sama sekali.

Buat jadwal dan rencana kegiatan

Sebelum berangkat liburan, ada baiknya untuk membuat jadwal dan rencana kegiatan yang akan dilakukan selama di tempat wisata tersebut. Jadwal dan rencana kegiatan ini tidak harus bersifat resmi dan formal, bisa semacam catatan kasar yang digunakan sebagai patokan. Hal ini bisa digunakan agar kita bisa menggunakan waktu secara efisien dan efektif, sehingga tidak ada waktu yang terbuang. Dengan membuat jadwal dan rencana kegiatan, kita juga bisa berliburan dengan nyaman dan jelas.

Bawa barang-barang yang diperlukan

Hal ini tentu tidak boleh dilewatkan. Usahakan untuk membawa barang-barang yang diperlukan selama pergi liburan. Bawalah barang-barang kebutuhan yang kita gunakan sehari-hari, seperti dompet, kartu identitas, alat mandi, atau yang lainnya. Selain itu, cobalah untuk membawa barang-barang pendukung lain sesuai dengan tempat wisata yang dituju. Contohnya jika akan pergi ke pantai, jangan lupa untuk membawa topi, kacamata atau mungkin krim sunblock. Bawalah juga cemilan dan minuman secukupnya untuk digunakan di perjalanan. Jika tidak ada, cobalah untuk membeli perlengkapan-perlengkapan tersebut di supermarket atau pasar terdekat.

BACA JUGA : Udah Sering Rencanain Traveling Sejak Lama Tapi Batal? Inilah Alasannya!

Jagalah kesehatan sebelum liburan

Sebuah hal yang simple namun sangat penting. Upayakan untuk menjaga kondisi kesehatan sebelum bepergian untuk liburan. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan siap untuk digunakan bepergian. Jika tubuh dirasa kurang fit, maka jangan memaksakan diri untuk pergi liburan karena hal itu akan membahayakan kesehatan anda dan hanya akan membuat liburan kita jadi kurang maksimal dan terkesan sia-sia.

Periksa kendaraan dan rute perjalanan

Jika melakukan liburan dengan kendaraan pribadi dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, maka jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan. Pastikan semua aspek kendaraan, seperti bahan bakar atau kondisi ban dalam keadaan bagus. Selain itu periksa kembali rute perjalanan yang ditempuh menuju tempat wisata. Pilihlah jalan yang tercepat dan teraman. Jika dalam perjalanan lelah, maka istirahatlah di posko jalan atau warung-warung pinggir jalan selama 10 sampai 15 menit untuk memulihkan stamina.

Bawalah dana secukupnya

Tentu jangan lupa untuk membawa dana secukupnya. Jangan membawa uang terlalu pas dengan anggaran, cobalah untuk membawa uang yang berlebih untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan mendadak yang mungkin ada. Namun tetaplah waspada untuk menjaga uang dari kemungkinan terjadinya pencopetan.

Berdoa sebelum perjalanan

Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan liburan ke tempat wisata. Hal ini sangat sering dilupakan oleh banyak orang, namun sebenarnya hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan berdoa, maka perjalanan akan dilindungi oleh Tuhan sehingga kita bisa selamat sampai tempat tujuan.
Top