Penemuan Baru! Penyakit Maag Rentan Dialami Oleh Orang yang...

Sakit maag adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian lambung manusia. Tapi siapa sangka jika status hubungan juga bisa menjadi factor munculnya penyakit ini.



BACA JUGA: 'Hanya' Memiliki 13 Anak Laki-laki, Pasangan Ini Bersumpah Tidak Berhenti Sampai Anak Perempuan Lahir

Dikutip dari Indozone, Menurut para pakar kesehatan yakni Sri Juwita Kusuma Wardhani, M.Psi, orang-orang yang jomblo alias tidak punya pasangan lebih rentan kena sakit maag. Menurutnya, status hubungan seseorang menentukan tingkat kepuasan hidup dan risiko untuk mengalami stres. Seperti diketahui, stres adalah salah satu pemicu sakit maag.

"Banyak penelitiannya, bahwa orang yang belum menikah kepuasan hidupnya lebih rendah dibandingkan yang menikah sehingga rentan stres," kata psikolog yang akrab dipanggil Wita ini dalam peluncuran Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung Promag di Masjid Agung Bandung.

Hal ini ia paparkan karena seringnya menemukan pasien yang mengalami maag karena stress. Maag jenis ini juga sangat rentan dialami oleh orang dewasa muda usia 20 an. Tak hanya pasangan saja, urusan uang dan akademis juga dapat mempengaruhi maag jenis ini.

Sementara itu, dr Ari Fahrial Syam, SpPD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia membenarkan bahwa sakit maag kadang tidak disebabkan oleh kerusakan pada organ lambung. Maagyang antara lain dipicu oleh stres itu disebutnya sebagai maag fungsional, untuk membedakannya dari stres organik yang dipicu oleh kerusakan organ pencernakan.

dr Ari yang merupakan konsultan saluran cerna ini juga mengatakan bukan hanya orang yang tidak menikah saja yang rentan kena serangan maag. Kadang-kadang, orang tua dari anak yang sudah dewasa tetapi belum juga mendapat pasangan hidup juga rentan mengalaminya.

"Orang tua kena maag, kalau ternyata anaknya sudah dewasa dan tidak juga menikah bisa dicurigai itu maag fungsional. Atau sudah menikah, tetapi tidak juga punya anak. Itu juga bisa stres lalu kena maag," kata dr Ari.

Mungkin bagi kamu yang sering banget mengalami maag, harus mulai nyari pasangan nih agar maag tidak kambuh lagi.
Top