Patut Bangga, Atlet SMP Indonesia Sabet 6 Emas Kompetisi Karate di Swiss



Tim pelajar SMP Indonesia merebut 12 medali diantaranya, 6 emas, 3 perak dan 3 perunggu, dalam kompetisi internasional The 7th Basel Open Masters yang berlangsung pada 10-11 September 2016 di Swiss.

Direktur Pembinaan SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriano mengaku bangga dengan pencapaian atlet muda Indonesia ini. "Inilah pencapaian prestasi tim Indonesia untuk kompetisi internasional," katanya, dikutip dari Tempo (16/9).

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hamid Muhammad, mengatakan, ajang ini merupakan wadah untuk peningkatan prestasi di kancah internasional.



"Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi kita semua, karena anak-anak berhasil meraih enam emas dan medali lainnya. Prestasi semacam ini harus kita kembangkan terus," kata Hamid dalam siaran persnya, Kamis (15/9).

Hamid menjelaskan, kompetisi ini merupakan tantangan besar untuk tim Karate SMP yang tahun sebelumnya mengikuti pertandingan di Luxemburg dengan capaian medali empat medali emas, dua perak dan lima perunggu.

Baca Juga : Mau Sehat Selalu dan Berumur Panjang? Terapkan Pola Makan ini

Pada kategori di ajang ini, lanjut dia, untuk kategori Kata rata-rata para atlet bermain lima kali pertandingan. Sedangkan untuk kategori Kumite, mereka bermain empat kali dengan lawat berat tim seperti tim dari Perancis dan Austria yang memiliki postur tubuh besar.

"Fisik para atlet cukup bagus untuk kemampuan kategori Kata, namun untuk kategori Kumite tim Indonesia cukup kewalahan dengan kondisi fisik lawan yang lebih kuat dan lebih besar," jelas Hamid dikutip dari tempo.

Selanjutnya, 12 Karateka Indonesia yang berhasil meraih medali terdiri dari Faradiba Riani SMPN 20 Depok, David Rahendra SMPN 4 Samarinda, Ahmad Firdaus SMPN 4 Samarinda, Nandra Ahmad Saputra SMPN 3 Tangerang Selatan. Selain itu ada Fadila Agvina SMPN 3 Sleman Yogyakarta, M Gibran Mursalim SMPN 18 Makassar, dan Nur Fatika Arsani Puang Kuma SMPN 3 Polewali.

Direktur Pembinaan SMP Kemdikbud, Supriano menambahkan, kejuaraan karate internasional tersebut diikuti 720 peserta dari 15 negara yaitu Perancis, Austria, Iran, Swiss, Indonesia, Jerman, Inggris, Azerbaijan, Skotlandia, Georgia, Turki, Belgia, Denmark, Italia, dan Cekoslowakia. Kompetisi ini dikelola World Karate Federation (WKF-Sportdata).

Menurut Supriano, keberhasilan tersebut tak lain buah dari pembinaan yang dilakukan Kemdikbud bagi enam atlet peraih medali emas cabang Karate kategori Kata dan Kumite dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional 2016 yang telah diselenggarakan pada 24 -30 Agustus 2016 di Jakarta.
Top