NGERI: Ular Piton Sepanjang 7 Meter dapat Menelan Kijang, Namun Akhirnya Mati



Bagi yang takut dengan hewan yang satu ini bakal tambah berdiri bulu kudunya. Bagaimana tidak seekor ular piton besar di taman nasional Gir, Gujarat, India, ini bisa makan seekor kijang.

Ular piton sepanjang sekitar 7 meter ini terlihat mencoba merayap dengan susah payah sementara perutnya membesar tak normal.

Ternyata, ular itu baru saja menelan seekor kijang beberapa menit sebelumnya. Namun, hewan melata itu tak sadar mangsanya terlalu besar untuk ditelan.

Dikutip dari kompas, setelah menelan kijang itu, sang ular nyaris tak bisa bergerak karena ukuran mangsa yang ada di dalam perutnya. Beberapa saat kemudian, ular itu mati.
Penampakan ular piton raksasa itu menarik perhatian warga desa Baliavad yang berada tak jauh dari taman nasional.

Baca Juga : 19 Tahun, Bobot Wahid sudah 180 Kg. Kalau Dilarang Makan, Teriak dan Membenturkan Kepalanya ke Tembok

"Saya menemukan ular itu tergeletak di jalan. Dia berjuang untuk mencerna hewan yang ditelannya," kata Sunil Kumar (28) warga desa Baliavad.

"Ini adalah salah satu peristiwa luar biasa yang saya pernah saksikan. Ular piton itu sangat besar," tambah Kumar.

Insiden itu baru pertama kali terjadi di desa tersebut tetapi langsung memicu kekhawatiran di antara pakar ular di India.

"Petugas kehutanan segera pergi ke lokasi setelah menerima laporan. Ular itu mati karena luka dalam akibat menelan kijang tersebut," kata wakil kepala badan konservasi setempat, R Senthilkumaran.

Ular piton memang biasa menelan mangsanya bulat-bulat dan membutuhkan beberapa hari bahkan pekan untuk benar-benar mencerna mangsanya.

Ular ini juga dikenal kerap memangsa hewan yang berukuran lebih besar. Setelah memangsa, seekor ular piton bisa tak makan selama beberapa pekan hingga bulan.
loading...
Top