Ngeri! Ngeluh Sakit Gigi Hebat, Ternyata Remaja Ini Memiliki 232 Gigi!

Manusia juga memiliki gigi yang cukup kuat untuk memotong, mengoyak dan mengunyah makanan sebelum di cerna kedalam lambung. Tapi pernahkah kamu mendengar seseorang memiliki lebih 200 gigi?



BACA JUGA: Di Kira Kera, Kakek Ini Tembak Cucu Sendiri

Dikutip dari Indozone,  Seorang remaja di India yang diketahui bernama Ashik Gavai (17) mengalami masalah dalam mulutnya "Tiap Hari Remaja Mengeluh Sakit Saat Berbicara, Dokter Kaget Temukan Ini di Mulutnya".

Setelah memutuskan untuk pergi ke dokter, betapa terkejutnya dokter itu ketika memeriksanya. Bagaimana tidak, ternyata sebanyak 232 gigi bersarang dalam mulut remaja itu. Ashik mengaku rasa sakit di rahang bawah tersebut sudah terasa sejak 18 bulan lalu.

Sebenarnya ia sudah beberapa kali ke sejumlah dokter tapi tidak ada yang bisa membantunya, hingga akhirnya sang ayah membawanya ke Mumbai lantaran pipinya yang mulai bengkak. Untuk mengangkat 232 gigi itu, dokter memutuskan untuk mengoperasi mulutnya hingga 7 jam lamanya.

Dari diagnosis dokter, rupanya Ashik memiliki tumor non-infeksi yang disebut 'Kompleks Odontoma'. Tumor terdiri dari enamel dan dentin seperti zat. Ketika dokter bedah Vandana Thorawade ditanya, dia mengaku terkejut atas apa yang dialami Ashik. "Saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya dalam karir 30 tahun saya," ujarnya.

Menurut literatur medis yang tersedia pada kondisi, diketahui mempengaruhi rahang atas dan maksimal 37 gigi telah diekstraksi dari tumor di masa lalu. "Tapi dalam kasus Ashik ini, tumor ditemukan jauh di rahang bawah dan tumbuh ratusan gigi," ujarnya. Selesai operasi, akhirnya dokter menyisakan 28 gigi normalnya.
loading...
Top