Musim Hujan Tiba, Baca Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Ketika Musim Hujan Berikut


Saat ini kita sedang menghadapi musim hujan dan bagi sebagian orang yang, musim hujan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti halnya flu, demam, dll. Hal ini dikarenakan suhu yang relatif lebih dingin dan terlebih air hujan yang menggenang bisa saja mengandung kuman pembawa penyakit. Lantas bagaimana menjaga kesehatan selama musim hujan?

1. Minum Air Putih

Meskipun musim hujan, tubuh tetap membutuhkan cairan agar tetap kuat beraktivitas. Apalagi saat musim seperti ini, keringat tidak mudah menguap karena tingkat kelembaban yang tinggi. Untuk itu selalu minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan juga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. selain mengkonsumsi air putih kalian juga bisa mencoba alternatif minuman lainnya, seperti teh jasmin, camomile, atau green tea untuk menjaga kesehatan.

2. Konsumsi Sayuran Segar

Sayuran hijau memiliki nutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Namun, pastikan kalian selalu mencuci sayuran dengan air hangat sebelum menyantapnya untuk mencegah bakteri masuk ke tubuh kalian. Dibuat salad atau tumisan adalah pilihan yang baik, mengingat sayuran tidak kehilangan vitamin, warna, dan rasa jika dikonsumsi seperti ini.

BACA JUGA : Hobi Begadang? Berikut Beberapa Tips Begadang yang Sehat

3. Olahraga Ringan

Olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Saat musim hujan seperti ini, tetap jaga kesehatan tubuh dengan olahraga ringan di rumah. Dibandingkan hanya tidur saat musim hujan, lebih baik lakukan gerakan ringan seperti sit-up, yoga atau berdayakan alat fitness yang ada di rumah kalian agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

4. Mandi Setelah Terkena Hujan

Ketika kalian kehujanan, jangan menunda-nunda untuk mandi jika tidak mau sakit nantinya. "Jika Anda terkena air hujan, segera mandi untuk melindungi diri dari infeksi kuman," jelas Dr Ashish Patel, seorang dokter umum. Selain itu, hindari berada dalam ruangan ber-AC jika rambut masih dalam keadaan basah untuk mencegah demam dan influenza.

5. Jaga Kebersihan Rumah

Musim hujan identik dengan penyakit, khususnya demam berdarah. Terang saja, karena banyaknya genangan air tempat nyamuk berkembang biak. Untuk itu, kalian tidak boleh lupa untuk membersihkan rumah lebih rajin dari biasanya. Tidak menumpuk sampah dan tutup tempat genangan air.
Top