Miris, Produk Kesehatan Yang Anda Gunakan Sehari-Hari Ini Bisa Membunuh Anda Secara Perlahan


Hand sanitizer atau pembersih tangan adalah salah satu produk praktis untuk mencuci tangan. Namun Anda perlu tahu bahaya hand sanitizer bagi tubuh Anda. Memang produk ini dianggap bisa melindungi diri terutama tangan dari kotoran atau bakteri tanpa mencuci tangan dengan air. Jadi, tak heran jika banyak orang yang menggunakannya karena mudah dibawa dan bisa membunuh kuman.

Jika Anda selama ini pengguna hand sanitizer sebaiknya segera hindari dan berpikir kembali untuk membersihkan tangan dengan itu. Mungkin setelah kamu membaca tentang kandungan dan bahaya yang merugikan kesehatan Anda, Anda tidak akan memakainya lagi. Karena begitu banyak iklan yang mendiskripsikan dampak baik pemakaian hand sanitizer, membuat Anda percaya akan hal itu.

Cara kerja hand sanitizer

Menurut kabar yang beredar pembersih tangan ini mampu membunuh kuman atau bakteri, seperti penyebab flu dan salmonella. Pernyataan ini memang benar, tapi selain membunuh bakteri jahat, hand sanitizer juga menyingkirkan bakteri baik yang tubuh Anda butuhkan. Hal ini berarti produk ini membunuh semua bakteri pada tangan Anda tanpa menyisakan bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

HEBOH : Sebarkan! Ternyata Luak White Koffie Mengandung Zat Babi, Inilah Penjelasan dari BPOM

Mungkin Anda tak menyangka jika tubuh juga memerlukan bakteri tertentu untuk menjaganya. Itu memang kenyataan, bakteri baik dibutuhkan oleh organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Salah satu fungsinya yakni menjaga sistem imun tubuh agar seimbang dan melawan bakteri atau kuman jahat.

Bahaya hand sanitizer bagi tubuh

Apabila bakteri baik mati, bisa menyebabkan kekebalan tubuh lemah dan tidak mampu melawan infeksi, peradangan dan lainnya. Sehingga tubuh lebih sering sakit daripada ketika Anda belum menggunakan hand sanitizer.

Tak hanya itu, ada penelitian yang menemukan bahwa penggunaan pembersih tangan bisa meningkatkan Bisphenol A (BPA). Yakni bahan kimia yang mampu merusak sistem endokrin, suatu sistem yang memproduksi hormon pengontrol tubuh dan mempertahankan jaringan dan organ tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, kadar BPA yang tinggi di dalam tubuh bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, mulai dari penyakit jantung, diabetes, kanker dan kemandulan.

Sungguh miris, bahaya hand sanitizer ini jika Anda gunakan terus menerus. Nyatanya, produk pembersih tangan ini justru membuat sistem kekebalan tubuh lemah dan merusak sistem endokrin. Selain itu juga mengganggu keseimbangan hormon serta beberapa masalah kesehatan lain yang serius.
loading...
Top