Menyikat Gigi, Kemudian Berkumur dengan Penyegar Ternyata Salah! Ini yang Benar!

Membersihkan sikat gigi, menambahkan sedikit pasta gigi kemudian menyikat gigi kita dan diakhiri dengan berkumur menggunakan cairan penyegar mulut, itulah yang selama ini kita lakukan. Tapi tahukah kamu? Ternyata urutan seperti adalah salah! Lalu bagaimana menggosok gigi yang benar.



BACA JUGA: Punya "Tahi Lalat Seberat 1kg" Seperti Ini Pasti Membuatmu Bergidik Geli!

DIkutip dari indozone, Sejumlah ahli kesehatan mulut dan gigi mengatakan bahwa kebiasaan menyikat gigi yang dilakukan oleh orang banyak ternyata salah dari segi kesehatan dan kebersihan. Para profesional berpengalaman di dunia kesehatan gigi dan mulut menjelaskan seharusnya urutan menyikat gigi yang benar ialah flossing gigi (membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi/dental floss), berkumur dengan cairan penyegar baru menyikat gigi.

Secara ilmiah (dan logika) dijelaskan bahwa saat flossing sisa makanan yang nyelip di sela-sela gigi akan terlepas, lalu dibilas dengan kumur-kumur menggunakan cairan penyegar mulut, baru kemudian menyikatnya untuk mengoptimalkan pembersihan gigi dan mulut.

Kebiasaan salah dalam proses menyikat gigi lainnya ialah membasahi sikat gigi dengan air. Yang benar ialah, biarkan sikat gigi kamu kering lalu gunakan pasta gigi secukupnya lalu sikat gigi kamu ke atas dan ke bawah. Pasta gigi dan sikat gigi yang kering lebih efektif membersihkan plak di gigi.

Satu lagi pemahaman yang salah tentang menyikat gigi adalah langsung dilakukan setelah makan. Ternyata, asam yang muncul dari sisa-sisa makanan di mulut membantu melembutkan dan melindungi lapisan enamel gigi.

Bila langsung menyikat gigi setelah makan, maka kamu menyia-nyiakan proses pelembutan dan perawatan enamel gigi. Jadi jangan langsung menyikat gigi setelah makan, biarkan dulu selama 15-20 menit kemudian baru melakukannya.

Nah.. walaupun cukup rumit dan agak sulit untuk mengubah kebiasaan kita, tapi ternyata itulah cara yang benar untuk membersihkan gigi kita secara maksimal. Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk membiasakannya juga ya..
Top