MENGAGUMKAN: Kenapa Usia Anak 8 Tahun ke Bawah Dianjurkan lakukan 3 Jam Kegiatan Fisik/Hari?

Siapa yang tak tahu Finlandia, negara yang digadang-gadang dengan sistem pendidikan terbaik ini, menyarankan agar anak punya kegiatan fisik paling tidak 3 jam sehari. Dan para orang tua diminta agar aktif mendorong anak-anaknya supaya memiliki hobi atau ketertarikan yang membutuhkan gerakan fisik.

Anak-anak yang berusia delapan tahun ke bawah yang menjadi sasaran dari kebijakan ini.

Finlandia dikenal sebagai negara yang menghasilkan sebagian anak yang paling bugar di Eropa dan beberapa memiliki hasil akademis terbaik di kalangan negara-negara maju.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Finlandia, Sanni Grahn-Laasonen, yakin bahwa kebugaran dan prestasi sekolah itu bukanlah hal yang kebetulan.

Nah, itu baru betul.



Grahn-Laasonen mengatakan kegiatan fisik memberi sumbangan kepada kebahagiaan anak dan membantu untuk belajar lewat pengembangan kemampuan anak dalam berinteraksi secara sosial.

Baca Juga : Menurut Rasulullah, Inilah Ciri Orang yang Pandai

"Ketika anak-anak latihan fisik bersama, mereka juga mengembangkan ketrampilan berinteraksi dan berhubungan secara sosial dan itu sehat," katanya kepada media setempat.

Selain latihan fisik, Finlandia juga melakukan beberapa eksperimen dalam pengajaran, seperti dijelaskan Anneli Rautiainen, Kepala Pengembangan Kurikulum di Dewan Pendidikan Nasional, dalam wawancara dengan BBC.

"Di kurikulum baru, kami mengupayakan dua atau tiga jam seminggu untuk pendidikan jasmani dan lebih banyak kegiatan di luar. Namun kami juga mencari cara mengajar yang nontradisional."

Termasuk di dalamnya adalah memindahkan meja dan kursi di ruang kelas sehingga murid tidak kebanyakan duduk saat belajar.

"Beberapa anak belajar dengan baik jika duduk dan mendengarkan, namun yang lain akan mendapat keuntungan dengan bergerak di sekitar ruangan dan berbicara dengan teman sekelas," tambah Rautiainen.

Baca Juga : Temanya Ditangkap, Lima Pelajar SMA ini Pukuli Polisi dan Lempari dengan Batu

Finlandia merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang menggunakan ruang kelas untuk mengkaitkan latihan jasmani dan cara belajar tradisional.



Kreatif sekali ya!! Tenaga pendidik mungkin juga diperhatikan dengan baik. Karena itu mereka dengan penuh perhatian mencurahkan untuk kebaikan bagi murid-muridnya. Semoga Indonesia bisa mencontoh ya.
Top