Mau Melamar Kerja? Baca Strategi Efektif Saat Berburu Kerja Berikut


Mencari pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang freshgraduate ataupun seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Tentu kita semua sudah mengetahui mengenai kabar yang beredar akhir-akhir ini bahwa persaingan untuk mencari kerja sangatlah ketat sekali, yang mencari kerja tiap tahunnya bertambah banyak dan tida diiringi oleh lapangan pekerjaan yang tersedia.

Proses mencari kerja tidak hanya tergolong sulit, bahkan juga bisa membuat orang frustasi, stress belum juga mendapatkan pekerjaan dan akhirnya mereka putus asa, sehingga menjadi seorang pengangguran. Tidak banyak seseorang yang berani untuk berwirausaha sendiri dari pada harus mencari pekerjaan di sebuah perusahaan. Dengan berbagai alasan mereka harus menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan, namun tidak diimbangi dengan kemampuan/keahlian yang dibutukan oleh perusahaan. Berikut ini ada beberapa strategi yang dapat diterapkan saat Anda mencari sebuah pekerjaan.

Ucapkan Terima Kasih Kepada Pihak Perusahaan

Pelamar kerja dapat bertemu langsung dengan pihak perusahaan biasanya jika mereka sudah lolos ke tahap wawancara kerja, namun juga banyak para pelamara yang tidak mendapatkan kesempatan wawancara kerja. Setelah selesai wawancara dengan pihat perusahaan, biasanya adalah bagian Human Resource Departemen (HRD), jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih karena telah memberikan kesempatan wawancara. Selain mengucapkannya secara langsung, buatlah catatan sederhana atau kirim e-mail ucapan terimakasih kepada pihak HRD perusahaan.

Melakukan cara ini memang sangatlah sederhana, namun bisa membuat efek positif kepada pihak perusahaan. Hal itu membuktikan bahwa Anda serius dan memiliki keinginan serta perhatian yang besar terhadap perusahaan.

BACA JUGA : Hobi Begadang? Berikut Beberapa Tips Begadang yang Sehat

Buatlah Pertemuan Informal

Cara ini dipakai untuk menunjukkan atau menawarkan keahlian yang Anda punya kepada perusahaan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan networking atau berkenalan langsung denga pihak perusahaan. Mulai datang langsung ke kantor, ataupun menghadiri acara terbuka yang dikoordinasikan oleh perusahaan yang Anda incar.

Pelajari dulu latar belakang perusahaan dan setelah itu mulai perkenalkan diri Anda dengan sopan dan berkesan positif. Di sela-sela percakapan, mulai ungkapkan keinginan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut dan kenali lebih jauh orang-orang terkait di perusahaan tersebut. Hal itu sangatlah penting dilakkan agar ketika perusahaan membutuhkan seorang tenaga kerja, maka beberapa orang diperusahaan tersebut bisa lansung mempromosikan Anda untuk mengisi posisi tersebut.

Gunakan Fasilitas Linkedin di Internet

Aplikasi Linkedin ini adalah aplikasi online yang membantu menghubungkan Anda dengan perusahaan. Aplikasi ini terbukti telah banyak membantu para profesional mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan juga membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat.

Buatlah Linkedin yang berisi latar belakang pendidikan Anda, Pengalaman bekerja, prestasi yang dimiliki, keahlian terkuat serta minat Anda. Yang perlu diingat bahwa semakin Ana aktif menggunakan, mengupdate informasi, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk dilirik pihak perusahaan hingga head hunter.

Gunakan Fasilitas Media Sosial

Selama ini sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui media sosial, seperti facebook, twitter dan lain-lainya. Sudah banyak sekali orang yang mendapatkan kerja berawal dari informasi di media sosial. Dengan mengikuti akun twitter dan facebook perusahaan yang diincarnya, seseorang selalu setiap menunggu lowongan pekerjaan dibuka, dan pada saatnya tiba, ia akhirnya berhasil juga.
 Baca Juga: Tips Mengirim lamaran kerja via e-mail

Bersihkan Timeline Facebook Anda

Untuk melihat latar belakang dan karakter mengenai diri Anda, Banyak HRD yang sering menggunakan fasilitas seperti media sosial untuk membuka halaman pribadi Anda, salah satunya dengan akun atau profil facebook Anda. Jika saat ini Anda sedang mencari kerja, maka usahakan halaman Anda bersih dari hal-hal yang berbau tidak baik, tidak sopan dan yang bisa merusak citra baik diri Anda.
Top