Lebih Waspada Dan Selekti Pesan Untuk Ibu-ibu, DKPKP Menemukan Ikan-ikan Yang Mengandung Formalin Dengan Kadar Yang Tinggi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) memusnahkan 14 ton ikan semar opah di PHPT atau Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara, pada Kamis (29/9/2016) kemarin.



Seperti yang diberitakan kompas.com Kepala Dinas (Kadis) Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, Ikan-ikan yang mengandung formalin tinggi tersebut sangat banyak ditemukan di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, dan Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan.

"Asal ikan-ikan semar opah tersebut marak ditemukan oleh kami dan petugas terkait, yakni di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, dan Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan," jelas Darjamuni di lokasi pemusnahan.

Darjamuni menambahkan, temuan tersebut diawali pengawasan dari Dinas KPKP di 125 pasar tradisional yang ada di wilayah DKI Jakarta. Ia mengatakan, sebanyak 24 pasar swalayan juga menjual ikan-ikan semar opah yang mengandur kadar formalin.

"Selain di 24 pasar swalayan, ada juga di 10 sentra perikanan yang ada di wilayah Jakarta. Dari data yang kami peroleh, sebanyak dua persen ikan berformalin ditemukan di pasar tradisional, dan 1,6 persen di pasar swalayan, serta 2,3 persen di tempat pengolahan ikan," ungkap Darjamuni.
Top