LAPTOP CEPAT RUSAK, Karena Kamu Masih Sering Lakukan 10 Kesalahan Ini

Benda yang satu ini, saat ini bagi kebanyakan orang menjadi suatu barang berkebutuhan dan bisa dikatakan penting. Pasalnya saat ini pekerjaan akan lebih ringkas jika menggunakan aplikasi digital. Lain halnya dengan pembukuan manual yang harus memerlukan tempat dan efisiensinya kurang.



Laptop biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas dan lebih mudah dibawa kemana-mana daripada PC. Jaman sekarang ini sepertinya lebih banyak orang yang memilih menggunakan laptop ketimbang dekstop karena mudah dibawa mobilisasi. Namun, kadang orang tak sadar telah salah memperlakukan barang miliknya ini. Ujung-ujungnya rusak, padahal banyak file penting didalamnya. Nah untuk itu, dikutip dari jalantikus, berikut 10 tips agar laptop tidak mudah rusak :

1. Membebani laptop



Membebani laptop atau menaruh barang di atas laptop adalah suatu hal yang buruk. Hal itu akan membuat goresan pada layar laptop kamu. Sebaiknya perhatikan saat kamu menaruh barang, di bawahnya ada laptop atau tidak? Kamu juga harus berhati-hati saat duduk di sofa ataupun loncat ke atas kasur. Siapa tahu di situ ada laptop kan, jadi kamu harus menyimpan laptopmu dengan baik.

Baca Juga : Mau Rp 4,6 Miliar? Google Bakal Kasih Kamu Kalau Berhasil Hack HP Android, Begini Caranya

2. Menaruh laptop di tempat yang sempit


Agar laptop tidak cepat rusak, kamu harus memberi tempat untuk laptop yang cukup besar. Karena tempat yang terlalu sempit akan menimbulkan tekanan yang merusak laptop. Sebaiknya saat memasukkan laptop jangan memaksakan kalau tempatnya tidak cukup. Bawalah barang-barang secukupnya saja.

3. Menaruh laptop di suhu ekstrem



Perhatikan letak laptop kamu. Apakah ada di tempat panas atau dingin. Kamu sebaiknya menghindari suhu terlalu panas dan terlalu dingin. Karena ada komponen laptop yang dipengaruhi oleh suhu. Jangan ditaruh di sorotan langsung sinar matahari dan jangan meninggalkan laptop di mobil saat parkir di bawah terik matahari. Suhu yang direkomendasikan untuk laptop ialah 5-35 derajat Celcius. Ketinggian yang direkomendasikan untuk laptop bekerja adalah di bawah 2500 mdpl.

4. Tidak menyimpan laptop dengan baik



Sebaiknya kamu perhatikan penyimpanan laptop kamu. Jika kamu akan menyimpan laptop dalam waktu lebih dari 1 minggu sebaiknya lepaskan baterai dan tempatkan baterai di tempat bersikulasi udara yang baik. Beri silikon gel agar tidak berjamur. Saat mau digunakan kembali, isi baterai lalu kosongkan lagi sampai 3 kali untuk mencegah laptop rusak.

Baca Juga : Ternyata Bisa Dilihat, Siapa Saja yang Sudah Membaca Pesan Kita di Group Whatsapp

5. Meletakkan benda Elektronik lain terlalu dekat sehingga timbulkan medan magnet



Jangan meletakkan barang-barang yang memiliki medan magnet di dekat laptop. Misalnya speaker tanpa pelindung (Unshielded Speaker System) atau handphone. Jika kamu menggunakan hostpot portable di smartphone kamu paling tidak jarak antara laptop dengan HP sejauh 15cm.

6. Menggunakan laptop tanpa baterai, tapi tak menggunakan stabilizer


Saat kamu menggunakan laptop tanpa baterai sebaiknya gunakanlah stabilizer atau penyetabil tegangan listrik. Hal ini juga bermaksud agar laptop kamu mendapatkan listrik yang stabil.

7. Mematikan dengan paksa



Jangan mematikan laptop dengan paksa misal langsung menekan tombol power. Dan juga jangan sering-sering mematikan laptop dengan melepas baterainya. Dan pastikan Harddisk sudah mati sebelum kamu mematikan laptop.

8. Menaruh laptop di kasur, sofa, tumpukan baju dll, saat menggunakanya



Jangan bermain laptop di permukaan yang terlalu empuk (sofa, kasur, tumpukan baju, dan lainnya) sehingga laptop kamu terlihat agak tenggelam. Hal itu akan menghambat sirkulasi pada laptop sehingga membuat laptop overheat.

Baca Juga : Lama Tak Ada Gaungnya, Ini Gebrakan Nokia di Akhir Tahun ini

9. Menutup laptop terlalu lembut atau terlalu kasar



Jangan menutup laptop dengan terlalu keras, dan juga sebaliknya, jangan membuka laptop terlalu keras. Itu akan menyebabkan kerusakan pada engsel monitor.

10. Coba-coba membongkar laptop sendiri



Membongkar laptop sendiri adalah hal yang sangat bodoh. Kecuali kamu ahli terhadap hal itu. Sebaiknya perbaiki laptop di service center atau orang yang ahli mereparasi laptop. Jika kamu membongkar sendiri kamu akan mengalami hal fatal dan laptop kamu makin rusak.

Nah, tips juga bila laptop kamu terlanjur rusak. Minta rekomendasi ke temen-temen kamu paling nggak yang mengerti masalah komputer. Jangan buru-buru membawa ke tukang service, atau memang jika terpaksa carilah service yang memang benar-benar sudah ahli.
Top