Khusus Orang Tua, Minuman Anak di bawah 2 Tahun Tidak Boleh Mengandung Gula!


Pedoman anyar yang di keluarkan oleh American Heart Association (AHA) merekomendasikan makanan dan minuman anak di bawah 2 tahun tidak boleh mengandung gula tambahan.

American Heart Association (AHA) memberikan pernyataan ilmiah mengenai makanan dan minuman anak yang  dimuat dalam jurnal Circulation:

“Balita seharusnya hanya mengonsumsi 6 sendok teh (atau kurang) gula tambahan setiap harinya, dan anak di bawah 2 tahun tidak boleh makan makanan yang mengandung gula tambahan, termasuk minuman anak.”

BACA JUGA : Sungguh Menakjubkan! Ternyata Beginilah Cara Kerja Mulut Bayi Mengeluarkan ASI

Pernyataan dalam jurnal tersebut juga menekankan bahwa anak di bawah 2 tahun tidak memerlukan gula tambahan dalam asupan mereka, karena kebutuhan kalori mereka lebih rendah dibanding anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

“Makanan dan minuman dengan gula tambahan seharusnya tidak memenuhi perut kecil mereka, terlebih karena tidak menyediakan gizi yang baik,” sebagaimana dilansir dari Theasianparent.

“Selain itu, preferensi rasa dimulai sejak awal kehidupan, sehingga membatasi gula tambahan dapat membantu anak-anak mengembangkan preferensi seumur hidup untuk makanan dan minuman sehat.”

Rekomendasi tersebut didasarkan pada 100 penelitian yang telah dilakukan tentang efek gula yang dikonsumsi sejak balita pada kesehatan jantung di masa tua.

Asupan yang tinggi kandungan gula tambahan sangat terkait dengan kenaikan berat badan yang tak sehat, obesitas, resistensi insulin, kolesterol abnormal, dan penyakit hati berlemak. Semua ini meningkatkan risiko kardiovaskular atau penyakit jantung di masa depan.
Top