Ketahuilah 5 Penyebab Paling Mendasar Orang Mendengkur Ketika Tidur


Mendengkur adalah salah satu hal yang sudah dianggap wajar dan sering dialami oleh banyak orang. . Mendengkur biasanya terjadi ketika udara tak bisa bergerak dengan bebas melalui hidung dan mulut ketika Anda tidur.

Apa yang membuat udara menjadi tak bebas bergerak sehingga memicu dengkuran? Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kebiasaan mendengkur.

1. Alergi sinus

Banyak orang yang mendengkur ketika mereka sedang pilek, memiliki sinus, atau infeksi pada bagian hidung. Infeksi semacam ini bisa menghambat jalannya udara yang keluar masuk hidung atau mulut. Infeksi atau alergi juga membuat bernapas menjadi sulit sehingga membentuk semacam 'penyedot' pada tenggorokan yang memicu dengkuran.

BACA JUGA : Jangan Sepelekan! Inilah Bahaya Ketika Anda Mendengkur

2.Bentuk tenggorokan

Orang dengan bentuk tenggorokan yang sempit cenderung berkemungkinan untuk mendengkur dibanding dengan yang memiliki tenggorokan lebar. Biasanya ini dialami oleh pria. Pria cenderung memiliki tenggorokan yang lebih sempit dibanding wanita sehingga mereka lebih berkemungkinan untuk mendengkur.

3. Usia

Kecenderungan untuk mendengkur juga dipengaruhi oleh usia. Ketika seseorang semakin tua, tenggorokan mereka akan semakin sempit, dan otot pada tenggorokan juga semakin berkurang. Inilah penyebab orang yang sudah tua biasanya lebih sering mendengkur dibandingkan yang masih muda.

4. Kelebihan berat badan

Orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki tenggorokan yang sempit karena jaringan tenggorokan yang 'gemuk'. Hal ini mempengaruhi kemungkinan mereka untuk mendengkur dan biasanya orang yang kelebihan berat badan lebih mudah mendengkur dibanding yang memiliki berat badan ideal.

5. Kebiasaan merokok

Memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol juga bisa membuat seseorang mudah mendengkur saat tidur. Alkohol dan kebiasaan merokok akan membuat otot tenggorokan menjadi rileks sehingga bisa memicu dengkuran.
loading...
Top