Kenapa Posisi Ban Depan Harus Lurus saat Parkir? Seperti ini Penjelasanya



Sebenarnya apakah hal ini fakta atau mitos, bila saat parkir posisi ban depan harus lurus? Ada informasi yang beredar bahwa alasannya karena hal ini bisa menimbulkan kerusakan dan kebocoran pada rumah setir. Apakah benar?

Menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, secara teknis sebenarnya tidak ada. Mungkin lebih kepada faktor keamanan.

"Akan lebih baik jika ban depan lurus, supaya waktu pertama jalan tidak tiba-tiba belok," kata Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat belum lama ini.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengatakan hal serupa. Menurut dia, tidak akan ada masalah.

Baca Juga :  Banyak yang Tak Tahu Fungsi Garis Cokelat di Kaca Belakang Mobil

"Hanya jadinya bikin susah saja karena bannya jadi agak keluar, terus kalau parkir pararel ketika didorong jadi ribet," ucap Anjar dikutip dari otomania.

Meski seperti itu, Anjar tetap menyarankan agar posisi ban depan tetap lurus. Sebab, dikhawatirkan ketika mulai berjalan dari tempat parkir tidak sadar apakah ban lurus atau tidak.

"Kalau tidak lurus takutnya bahaya ketika maju atau mundur," ujar Anjar.

Nah, memang hal ini ditakutkan ketika parkir dalam posisi menanjak atau menurun. Kalau saja hand rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat mobilk diparkir maka bisa menimbulkan bahaya.
Top