Kenapa Drive Bawaan Sistem Komputer Selalu Dinamakan C? Mencengangkan! Ternyata...

Siapa yang tidak tahu computer? Yap, komputer sebenarnya diciptakan untuk alat menghitung, tapi sekarang komputer sudah mengubah peradaban manusia loh! Tapi pernahkah kamu berpikir, kenapa driver bawaan system operasi windows selalu dinamai drive C?



BACA JUGA: Gak Punya Hati! Istri Meninggal Malah di Usir dari Bus

Drive untuk penyimpnanan lain biasa menggunakan huruf D atau E, dan F atau G untuk usb drive, lalu kenapa dimulai dari huruf C? kenapa tidak dari huruf A saja agar lebih mudah? Untuk menjawabnya ternyata kita harus flashback dimana komputer dikembangkan untuk pertama kali.

DIkutip dari Indozone, Saat itu, komputer memang masih belum memiliki memori penyimpanan internal yang besar. Kemudian muncullah floppy disk atau biasa kita sebut disket. Nah, disket itulah yang punya nama A serta memiliki dua jenis ukuran, 5 1/4" dan 3 1/2". Akhirnya, dua jenis ukuran floppy disk tersebut dilabeli dengan nama A dan B.

Hard Drive mulai menjadi memori bawaan dan dilabeli dengan abjad C. Hard Drive inilah yang dipakai sebagai penyimpanan system operasi. Seiring banyaknya pemakai harddrive, akhirnya orang-orang meninggalkan floppy.

Namanya mulai dilupakan dan tergantikan dengan drive C. Aturan penamaan ini memang tidak tertulis. Namun jika merunut pada sejarah, penamaan drive C tersebut tentu memiliki alasan tersendiri. Karena abjad A dan B sebelumnya sudah dipakai saat zaman disket.

Nah, sudah ngerti kan..  Perkembangan zaman memang harus kita manfaatkan, tapi jangan sampai kita dimanfaatkan oleh perkembangan zaman itu sendiri. Bagaimana menurutmu?
Top