Jika Mobil Bensin Keliru Isi Solar, Begini Caranya!

Ada yang pernah mengalami tidak? Mungkin 1000 1 orang pernah mengalami hal ini. Bukan karena tidak tahu, tapi bisa saja karena lalai.



Karena hal ini jarang sekali terjadi, tetapi bisa saja ada orang yang keliru mengisi mobil bermesin bensin dengan bahan bakar mesin (BBM) diesel. Dari sekian banyak kesalahan fatal dalam pengoperasioan mobil, hal ini termasuk paling berbahaya.

Jika salah mendapat suplai BBM, cepat atau lambat mesin bensin bakal rusak. Pertama yang penting diketahui, kandungan BBM bensin dan solar berbeda. Begitu pula titik nyalanya, bensin lebih rendah ketimbang solar.

Baca Juga :
Banyak yang Tak Tahu Fungsi Garis Cokelat di Kaca Belakang Mobil
Kenapa Posisi Ban Depan Harus Lurus saat Parkir? Seperti ini Penjelasanya
Indonesia akan Kedatangan Motor Sport MURAH Bulan Depan

Gejala pertama ketika mobil bensin diisi BBM diesel yaitu mesin tersendat dan pada akhirnya tidak mau menyala.

Di dalam tangki bahan bakar mobil, bensin berada di bagian bawah dan karena BBM diesel lebih enteng maka berada di atas. Bensin akan masuk ke ruang bakar duluan, namun setelah habis baru masalah dimulai.

“Kalau bensin, bahan bakar masuk, ditekan, lalu disemprotkan, dan busi menyalakan. BBM diesel, solar misalnya, tidak akan menyala dengan baik di sistem itu karena tekanannya tidak tinggi. Kompresi pembakaran mesin bensin lebih rendah, diesel di atas 12,” jelas Arifani Prabowo GM Product Kia Mobil.

Jika sempat kejadian salah isi, lebih baik mesin jangan di-starter agar tidak ada BBM diesel yang mengalir ke sistem pembakaran. Setelah itu tangki bahan bakar harus dikuras hingga bersih. 

Nah, memang jadi ribet sih. Namun akan lebih parah lagi jika sudah sampai ke mesin, makan kerusakan fatal yang terjadi. Bukan kuras tangki, tapi kuras uang anda buat ganti sparepart mesin baru.
Top