JANGAN Upload Boarding Pass di Sosmed, Kalau Tidak Mau Kejadian 'Fatal' ini Terjadi



Seorang netizen dengan akun facebook Mazidatun Maftukhah, membeberkan betapa mudahnya data boarding pass anda diacak - acak. Mazidatun Maftukhah menceritakan data-data apa saja yang dapat dilihat dan diubah dari identitas boarding pass anda.

Waktu itu ia melihat ada netizen yang mengunnggah boarding pass-nya di sebuah media sosial. Mazidatun Maftukhah tidak menjelaskan detailnya bagaimana ia masuk ke situs penerbangan yang digunakan netizen tersebut. Namun ia mengatakan akan ada hal-hal fatal yang terjadi bila itu dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga :
Lakukan Penggrebekan, Satpol PP ini Malah Tangkap Istrinya sedang Sel!ngkuh
Pakai K0ndom dari Kantung Kresek, Pasangan ini Langsung Dibawa Kerumah Sakit, karena Alatnya Terluka Parah

Berikut hal yang bisa dilihat dan dirubah,
1. Change seat. Seseorang yang masuk ke data tersebut bisa mengubah seat Anda. 
2. Perjalanan berikutnya dan CANCEL FLIGHT. Mazidatun Maftukhah menjelaskan point ini yang sangat berbahaya. Misal anda memesan tiket CGK-JFK roundtrip dan seseorang mengubah data kepulangan Anda ketika Anda sedang didalam pesawat. Bisa berurusan dengan pihak imigrasi, kan? Belum lagi kalau flightnya dibatalkan? Nah, fatal sekali kan. 
3. Data transaksi, Bila anda memakai Credit Card, dari transaksi anda itu sangat mudah diketahui data diri anda. 
4. Layanan tambahan di pesawat meliputi makanan dll. Seandainya orang iseng mengubah pesanan Anda, bisa bisa Anda gelagapan. 
5. Permintaan perubahan data seperti penggantian email. Parahnya nggak ditanya email sebelumnya apa, langsung muncul untuk masukin email baru.
Nah, intinya jangan ceroboh dalam mengupload identitas diri apapun. Karena bisa saja hal itu akan disalahgunakan oleh orang jahat. Mazidatun Maftukhah mengatakan bahwa ia bukanlah seorang progammer, apalagi seorang hacker.

Berikut cerita lengkap Mazidatun,

Pesan terakhir dari Mazidatun Maftukhah sekali lagi jangan ceroboh, kalau dia saja yang tidak begitu expert dalam bidang IT saja bisa menghack akun dari identitas anda. Pasti lebih banyak orang diluar sana yang bisa saja menyalah gunakan kemampuanya untuk melakukan hal-hal yang tidak anda inginkan.

Top