Jangan Sepelekan! Inilah Tips Penting Membersihkan Sikat Gigi


Seperti halnya gigi, maka sikat gigi juga harus dibersihkan setelah kita menggunakannya, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Sebab jika sikat gigi tersimpan dalam keadaan lembab maka bakteri akan bersarang pada sikat gigi, dan ketika kita akan menggunakan lagi sikat gigi itu maka semua bakteri yang ada di dalamnya, akan masuk ke dalam mulut.

Sebagai petunjuk umum, setelah menggunakan sikat gigi, simpanlah pada tempatnya dalam keadaan kering. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dibagikan Tips Bersihkan Sikat Gigi setelah menggunakannya.

  • Setelah menyikat gigi, bersihkan sikat gigi itu pada air yang mengalir, dari kran air. Gosoklah dengan jari pada bagian yang kontak dengan mulut.
  • Setelah membersihkannya, jangan langsung simpan ke dalam kotaknya / helmnya, biarkan beberapa waktu sampai sikat itu kering. Sebab jika simpan dalam keadan basah, maka dapat menimbulkan tumbuhnya jamur atau mudahnya bakteri berkembang biak pada suasana lembab tersebut.
  • Letakkan pada tempat yang bersih dan tempat tertutup yang berongga, cukup cahaya dan bersih dari binatang/serangga yang mungkin menghampiri bulu sikat gigi.


Untuk lebih memaksimalkan kebersihan sikat gigi, bisa juga membersihkan sikat gigi dengan menggunakan cairan disinfektan tertentu yang mampu membantu membersihhkan sikat gigi dan bakteri yang kemungkinan masih menempel. Untuk hal ini, caranya yaitu setelah dicuci rendamlah ke dalam cairan disinfektan, selama beberapa menit, lalu keringkan dan disimpan di tempat yang kering.
Top