Inilah Warna Baju Terbaik Saat Anda Wawancara Kerja

Jenis dan warna dari sebuah pakaian terkadang berpengaruh besar pada saat wawancara kerja berlansung. Ada pelamar yang menggunakan pakaian yang terlalu gelap, juga terkadang kurang pas dan sesuai dengan tempat kerja yang diinginkan, terkadang juga terlalu terang juga kurang pantas untuk wawancara kerja jenis pekerjaan tertentu. Lantas warna pakaian yang bagaimana yang bisa sesuai dengan keadaan perusahaan?

Baru-baru ini ada survei mengenai warna pakaian yang dipakai saat wawancara kerja yang dapat memberikan nilai lebih saat wawancara kerja, hasilnya menyebutkan bahwa pakaian dan warna busana yang dikenakan para pencari kerja sangatlah mempengaruhi penilaian saat wawancara kerja.

Sebelum Anda mempersiapkan pakaian yang akan dipakai saat wawancara kerja, ada baiknya mencari tahu warna pakaian apa yang terbaik yang harus dikenakan.

Biru Navy (navy blue)


Warna ini sangatlah cocok jika Anda ingin bekerja di perusahaan seperti Perbankan, hukum dan keuangan, gunakan warna biru navy saat wawancara kerja. Warna dianggap menggambarkan kepercayaan, kejujuran serta kredibilitas dan tentu konservatif. Namun jika Anda ingin bekerja di perusahaan yang lebih kreatif, hindari menggunakan warna ini saat wawancara kerja, karena baju dengan warna ini mempunyai image terlalu serius dan resmi.

BACA JUGA : Ini Dia Persyaratan Untuk Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Hitam



Baju dengan warna hitam ini menggambarkan kekuatan serta kepemimpinan. Warna ini sangatlah cocok jika Anda gunakan untuk melakukan proses wawancara untuk posisi manajemen, direktur, supervisor dan lainnya. Penampilan Anda akan memperlihatkan jika Anda memiliki sikap serta pembawaan yang tepat untuk posisi tersebut.

Abu-Abu



Baju warna Abu-abu adalah baju yang terbilang cukup aman untuk dikenakan pada saat wawancara untuk posisi apapun. Warna abu-abu melambangkan kecerdasan, kebijaksanaan dan pribadi yang bisa diandalkan. Warna abu-abu menjadi warna yang tepat saat Anda belum menemukan pakaian yang tepat untuk wawancara kerja. Tambahkan warna-warna cerah bersama abu-abu jika Anda ingin melamar di dunia advertising, untuk menambah kesan menarik dan tentunya kreatif.

Putih



Baju dengan warna putih adalah baju yang umum digunakan oleh para pelamar kerja yang baru mencari pekerjaan. Jika Anda cukup percaya diri untuk mengenakan warna putih saat wawancara kerja tandanya Anda sudah siap untuk memberikan informasi yang jelas, apa adanya dan bersih. Warna putih melambangkan transparansi dan tidak ada yang ditutupi.

Hijau



Baju dengan warna hijau menggambarkan ketenangan dari pemakaianya, selain ketenangan dengan memakai baju warna hijau pemakai baju warna ini menggambarkan kesehatan dan kekayaan. Warna yang satu ini dianjurkan untuk dikenakan saat Anda hendak melamar pekerjaan apa pun. Selain manis, warna hijau juga bisa memberikan kesan Anda mampu mengerjakan tugas yang dibebankan.

Yang terakhir, sebaiknya Anda menghindari warna Coklat, Oranye, Merah, untuk dikenakan pada saat wawancara kerja, karena masing-masing warna tersebut menggambarkan kelemahan (cokelat), terlalu berani dan menantang (merah) serta kurang profesional untuk dikenakan (oranye).

Top