Inilah Khasiat Bawang Hitam untuk Kesehatan Tubuh


Black garlic atau Bawang Hitam mungkin belum banyak diketahui oleh setiap orang. Sebab setiap orang hanya mengetahui bawang putih dan bawang merah. Kini bawang putih hitam tengah naik daun, sebab dikenal akan khasiatnya yang begitu besar. Berikut adalah khasiat Bawang hitam untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Kerusakan Sel

Manfaat bawang hitam yang pertama adalah dapat mencegah kerusakan sel. Perlu diketahui sel adalah unit dasar tubuh manusia di mana setiap organ merupakan penyatuan dari berbagai macam sel. Rusaknya sel tubuh merupakan sumber dari segala penyakit. Oleh karena itu sangat penting sekali menjaga tubuh agar tetap sehat. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan sel adalah karena racun, parasit, malnutrisi, virus ataupun bakteri.

Selain berolahraga teratur dan menjaga asupan makanan, tak ada salahnya jika memanfaat bawang hitam untuk menangkal penyakit. bawang hitam tinggi SAC (S-allyl cysteine). SAC sendiri merupakan senyawa berbasis sulfur yang larut dalam air dan mudah dimetabolisme tubuh. SAC merupakan antioksidan yang mampu mencegah tubuh dari kerusakan sel.

2. Menurunkan Kolesterol

Yang kedua adalah berguna untuk menurunkan kolesterol. Tak hanya dapat mencegah kerusakan sel, SAC yang terkandung dalam bawang hitam juga mampu menurunkan kadar kolesterol. Peneliti di Korea menemukan bahwa bawang hitam sangat efektif membantu atasi kolesterol pada tikus.

Dengan menurunnya kolesterol kesehatan organ tubuh seperti jantung tentu saja dapat terjaga. Tak hanya itu saja, rendahnya kolesterol jahat pada tubuh juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah adanya penyumbatan pembuluh arteri.

BACA JUGA : Bawang Hitam, Bawang Untuk Pengobatan Yang Tergolong Langka

3. Mencegah Komplikasi Diabetes

Seseorang yang menderita penyakit diabetes sangat rentan sekali mengalami komplikasi. Selain mengonsumsi makanan terbaik untuk penderita diabetes, tak ada salahnya pula jika Anda mengonsumsi bawang hitam atau Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan ataupun mengonsumsi bawang hitam dalam bentuk suplemen. Sebab khasiat bawang hitam selanjutnya adalah dapat mencegah komplikasi diabetes.

Sebuah studi “Antioxidant Effect of Garlic and Aged Black Garlic in Animal Model of Type 2 diabetes Mellitus” menemukan bahwa kandungan antioksidan pada bawang hitam lebih tinggi jika dibandingkan dengan bawang putih biasa. Tingginya kadar antioksidan tersebut juga terbukti dapat digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes.

4. Mencegah Kanker Usus

Manfaat berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus. Sebuah peneliatan tahun 2014 yang dimuat dalam Spandidos Publivation menemukan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar. Jika Anda menderita penyakit ini tak ada salahnya dengan menanyakannya pada dokter Anda untuk melakukan pengobatan dengan bahan alami ini.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh yang kuat adalah kunci utama agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin C tak ada salahnya untuk mencampurkan bawang hitam pada makanan.

kandungan senyawa baik pada bawang hitam ini juga sangat ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun memiliki manfaat baik untuk tubuh, sebaiknya hindari rempah-rempah ini jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap bawang putih.

6. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Sudah dijelaskan tadi bahwa bawang hitam sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Jika hal ini teratasi, sistem kerja jantung tentu saja sangat ringan dan normal. Sehingga, seseorang yang rutin memakan bawang hitam dapat terhindar dari segala macam penyakit jantung.
loading...
Top