Inilah Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengajukan Kredit Mobil


Pembelian mobil untuk pertama kali memang momen yang membahagiakan. Baik secara tunai maupun melalui kredit kendaraan, mobil pertama akan selalu berkesan. Namun, karena terlalu semangat dan bahagia, banyak orang justru melakukan kesalahan saat membeli mobil secara kredit.

Dan kesalahan tersebut biasanya mengakibatan kerugian finansial yang tidak sedikit. Untuk itu, kamu harus waspada agar terhindar dari kesalahan. Dilansir dari money.id, berikut ini kesalahan yang sering dilakukan saat mengajukan kredit mobil.

1. Tidak melakukan perbandingan

Saking senangnya mendapatkan persetujuan kredit kendaraan, orang seringkali lupa membandingkan bunga yang diberikan. Padahal, dia bisa mendapatkan bunga yang jauh lebih ringan di tempat lain.

Tidak melakukan perbandingan juga membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lain mulai dari cashback, diskon hingga hadiah langsung.

2. Tidak mengumpulkan uang muka

Fasilitas kredit kendaraan memang memungkinkan Anda membawa pulang mobil dengan uang muka minim. Namun, hasil yang diperoleh kemudian adalah harga yang jauh membengkak. Semakin kecil uang muka dan semakin panjang periode cicilan, maka semakin mahal harga jual yang diberikan pada konsumen.

BACA JUGA : Tak Perlu 8 Jam, Kerja 6 Jam Dalam Sehari Saja Sudah Cukup

3. Tidak membandingkan bank dan leasing

Bila Anda punya uang muka cukup besar dan waktu luang, sebaiknya gunakan fasilitas kredit kendaraan milik bank. Sebab, Anda bisa memperoleh bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan leasing. Namun, sebagai konsekuensinya Anda harus mengurus syarat-syarat yang banyak dan uang muka yang lebih besar.

Sebaliknya, leasing memberikan kemudahan mulai dari pengurusan persyaratan hingga uang muka yang terjangkau. Bila Anda tidak punya banyak waktu, leasing yang akan mempermudah transaksi pembelian mobil untuk Anda.

4. Membeli mobil tanpa asuransi

Pada umumnya, pembelian mobil baru secara kredit diwajibkan melindungi kendaraan dengan asuransi. Hal ini penting untuk mencegah bermacam risiko yang bisa mengancam kendaraan kesayangan Anda. Namun, keberadaan asuransi akan membuat biaya cicilan jadi lebih tinggi.

Ini disebabkan uang premi yang dibebankan pada cicilan bulanan. Namun, jangan sekalipun menerima tawaran kredit kendaraan tanpa asuransi kendaraan. Sebab, bila mobil Anda hilang atau rusak, kerugian finansial yang diderita akan jauh lebih berat.
Top