Inilah 9 Tanda Anda Masih Belum Siap Menuju Jenjang Pernikahan


Pernikahan adalah suatu kewajiban yang harus dilakoni bagi seluruh umat islam yang beriman, mungkin bagi Anda yang merasa bahwa umurnya sudah cukup untuk menikah, pasti ingin menyegerakan diri untuk menuju ke pelaminan.

Namun ada beberapa yang justru tiba-tia merasa ragu ketika akan melangsungkan proses pernikahan tersebut, antara maju atau tidak, jangan-jangan Anda belum siap dengan pernikahan itu? Berikut adalah beberapa poin tanda-tanda bahwa Anda belum siap menuju jenjang pernikahan.

1. Anda Masih Ragu


Memutuskan untuk menikah membutuhkan kemantapan hati. Namun, jika ternyata Anda masih diliputi oleh rasa cemas, takut, khawatir, atau ada sesuatu yang mengganjal di hati Anda, maka lebih baik atasi dulu keraguan-keraguan tersebut.


2. Anda Sulit Bertanggung Jawab


Jangan berpikir dalam pernikahan segala sesuatu akan berjalan baik-baik saja. Padahal, ada banyak tanggung jawab yang perlu Anda emban bersama pasangan sepanjang kehidupan Anda. Nah, jika Anda masih belum mampu untuk bertanggung jawab sebagai suami, istri atau orangtua, maka sebaiknya Anda tunda keinginan untuk segera menikah.

3. Anda Masih Merasa Hidup dalam Kesendirian


Anda masih tidak ingin terikat dengan peraturan baru sebagai suami atau istri, Anda juga tidak suka hidup berbagi dengan orang lain. Sebaliknya, Anda masih sangat menikmati kesendiri seperti makan sendiri, nonton film sendiri, bepergian sendiri, dan sebagainya.

JANGAN LEWATKAN : Suka Minum Es Tebu? Ketahui 6 Efek Samping Mengkonsumsi Air Tebu

4. Anda Belum Bisa Move-On


Kejadian pahit masa lalu yang mungkin pernah Anda alami masih membekas hingga kini, mungkin juga Anda masih belum bisa "move on" dari mantan kekasih Anda. Untuk mengatasi hal tersebut Anda memilih untuk tetap sendiri, entah sampai kapan, dengan harapan Anda tidak perlu lagi merasakan rasa sakit hati yang sama lagi.


5. Anda Belum Bisa Menerima Dia Apa Adanya


Masih ada keraguan dalam diri Anda mengenai sosok yang saat ini ada di dalam hati Anda, Anda masih diliputi keraguan apakah dia orang yang tepat sebagai pendamping hidup Anda.


6. Anda Belum Memiliki Rencana Jangka Panjang


Kehidupan Anda masih mengalir apa adanya, Anda belum bersedia berkomitmen dan memiliki rencana jangka panjang bagi kehidupan Anda. Mengenai masalah jodoh Anda pun tidak terlalu merisaukannya, Anda cenderung menganggap jodoh hanyalah sebagai rejeki kalau pun belum ketemu juga tidak mengapa.

7. Kondisi Ekonomi Belum Stabil


Anda paham betul situasi keuangan Anda, sehingga tidak buru-buru memutuskan untuk menikah. Bagi Anda perekonomian yang stabil sangat menentukan kebahagiaan pernikahan ke depannya.


8. Belum Suka dengan Anak-anak


Anak adalah karunia terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada seseorang dalam ikatan pernikahan. Namun, Anda masih belum terbiasa dengan hal ini, Anda masih mengganggap memiliki anak sebagai sebuah beban dan penghalang bagi Anda untuk bisa menikmati kehidupan Anda.


9. Masih Banyak Alasan


Jika Anda ditanya kapan menikah dan Anda menjawab "Nanti!", maka itu menunjukkan bahwa Anda betul-betul belum siap menuju ke pelaminan. Hati Anda masih mendua antara menikah dan tidak, juga Anda merasa masih cukup muda sehingga merasa masih memiliki cukup banyak waktu untuk membicarakan mengenai hal tersebut.
Top