Inilah 10 Cara Cara Paling Mudah Mengobati Insomnia


Insomnia adalah adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan diri untuk tidur. Biasanya insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan perilaku yang tidak sehat (seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang dan penggunaan kafein).Insomnia adalah sebagian dari gangguan tidur, tetapi keluhan ini adalah keluhan yang paling sering dari gangguan tidur.

Namun apakah Anda mengetahui cara ampuh menghindari insomnia ini? Simak 10 poin tentang cara menghindari insomnia berikut ini.

1. Hindari Gadget


Mengobati insomia ini tidak bisa dilakukan secara instan sebab insomnia erat hubungannya dengan gaya hidup seseorang. Seperti yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas bahwa gaya hidup merupakan sesuatu yang sudah biasa dilakukan sehingga mengubah kebiasaan tersebut merupakan sesuatu yang sulit. Oleh sebab itulah gaya hidup yang salah itu perlahan lahan harus diubah agar insomnia bisa segera diatasi dan dihilangkan. Salah satu gaya hidup yang harus dihindari agar terhindar dari insomnia dan insomnia segera menghilang adalah dengan menghindari gadget.

Di jaman yang serba modern ini, masyarakat sudah dikendalikan oleh gadget. Lihat saja kemana mana orang selalu memegang gadget mereka di tangan, bahkan saat di dalam kamar. Ketika di dalam kmar sebaiknya menghindari gadget, sebab gadget akan membuat kesulitan tidur. Jika sudah bisa tidur pulas, orang yang bermain gadget sebelum tidur akan sering terbangun saat malam. Agar terhindar dari insomnia sebaiknya anda memberikan waktu antara bermain gadget dengan waktu tidur. Misalnya saja anda akan tidur jam 10 malam, setengah jam sebelum pukul 10 malam anda harus sudah terbebas dari gagdet.

2. Hindari Kafein


Memang benar kafein seperti candu bagi manusia dan menyebabkan ketagihan. Lihat saja kafein yang ada pada kopi. Orang akan kecanduan untuk mengkonsumsi kopi tersebut. Semakin banyaknya pecinta kopi di Indonesia, semakin banyak pula beragam merk kopi yang dipasarkan di Indonesia. Sayangnya kita harus bijak dalam mengkonsumsi kafein tersebut, sesuatu yang berlebihan seperti kafein tidak bagus untuk kesehatan. Kafein yang dikonsumsi berlebihan berpotensi untuk menyebabkan aritmia, penyakit jantung dan juga insomnia. Oleh sebab itu cukup megkonsumsi segelas kopi satu hari saja, jangan berlebihan. Ngopi di malam hari juga bisa membuat seseorang menjadi susah tidur.

BACA JUGA : Suka Minum Es Tebu? Ketahui 6 Efek Samping Mengkonsumsi Air Tebu

3. Membuat Jadwal


Langkah selanjutnya yang bisa dgunakan untuk mengatasi insomnia adalah dengan membuat jadwal. Jadwal merupakan hal yang harus dilakukan agar kehidupan menjadi lebih teratur. Manusia dipenuhi dengan hal hal yang menyibukkan seperti rutinitas yang padat, pekerjaan yang tiada habisnya. Oleh sebab itu ada baiknya membuat jadwal bagi orang yang memiliki mobilias yang tinggi dan kesibukan yang tinggi. Aturlah jadwal sehari hari anda agar waktu anda bisa cukup untuk istirahat. Meski pekerjaan sedang banyak, hindarilah sering bergadang sebab bergadang bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami berbagai macam gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan juaga diabetes.

4. Perhatikan Penggunaan Laptop dan Komputer


Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah penggunaan laptop dan komputer. Radiasi yang dihasilkan dari keduanya bisa menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Orang yang sehabis mengoperasikan laptop maupun komputer sebaiknya mengatur waktu kapan dia harus ke tempat tidur. Sama halnya dengan gadget, orang yang mengoperasikan laptop juga harus memberikan rentang waktu antara bermain laptop dengan waktu tidur. Jika sehabis mengoperasikan laptop orang tersebut langsung tidur besar kemungkinan dia akan mengalami insomnia. Radiasi di laptop akan menyebabkan syaraf di otak menjadi tetap terjaga. Saat syaraf otak terjaga, orang itu akan mengalami insomnia atau susah tidur.

BACA JUGA  : Tahukah Anda Dari Mana Kotoran Telinga Berasal? Ini Jawabannya

5. Menghindari Rokok


Selama ini kampanye anti rokok sering digalakkan, bahkan harga rokok pun dinaikkan berkali kali lipat agar jumlah perokok yang ada di Indonesia berkurang. Sayangnya usaha pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok di Indonesia belum sepenuhnya berhasil. Hal itu terbukti dengan penjualan rokok yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, ternyata rokok ini memiliki efek buruk terhadap pola tidur seseorang. Orang yang menghabiskan rokok lebih dari dua batang sehari memiliki resiko untuk terkena insomnia. Alasannya adalah zat nikotin yang ada pada rokok bisa menjadi penyebab peningkat kinerja otak. Saat kinerja otak meningkat, otak akan memberikan sinyal ke tubuh untuk selalu terjaga setiap malam.

6. Jangan Stres


Cara mengobati insomnia yang lainnya adalah menghindari stres. Banyak orang yang meyakini bahwa stres merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami susah tidur atau insomnia. Terlalu banyak pikiran yang ada di dalam benak membuat seseoang susah tidur, ketakutan demi ketakutan hilir mudik satu persatu dan semua ketakutan ketakutan itu bisa menyebabkan seseorang susah tidur. Jika anda insomnia dan disebabkan oleh stres, sebaiknya anda jangan stres. Rilekskanlah pikiran anda, percaya saja bahwa semua yang ada di dalam kehidupan anda telah diatur sedemikian rupa oleh Tuhan, manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin dan hasilnya ada di tangan Tuhan. Stres hanya akan merugikan kesehatan anda. Orang yang stres bisa berubah menjadi depresi, saat depersi tidak terobati gangguan jiwa bisa datang kapan saja.

7. Olahraga


Cara mengobati insomnia lainnya adalah dengan olahraga. Orang yang jarang olahraga dirinya akan mudah sekali terkena insomnia. Alasannya adalah orang yang jarang berolahraga akan memiliki peredaran darah yang tidak lancar menuju ke seluruh tubuh terutama di bagian otak. Olaahraga yang bisa digunakan sebagai cara mengobati insomnia adalah olahraga yang dilakukan minimal 5 jam sebelum tidur malam. Jika anda melakukan olahraga beberapa menit sebelum tidur bisa menyebabkan seseorang justru menjadi susah tidur.


8. Hindari Binatang Peliharaan


Cara mengobati insomnia lainnya adalah dengan menghindarkan diri dari binatang peliharaan. Sebaiknya orang yang memiliki binatang peliharaan dijauhkan dari dalam kamar. Jika di dalam kamar, hewan peliharaan itu akan menganggu terutama suaranya, baunya dan juga tingkahnya. Bisa saja sudah tidur pulas, binatang peliharaan tersebut akan mendekati pemiliknya kemudian menjadikan tidur anda menjadi tergganggu.

9. Padamkan Lampu


Selama ini penelitian menngatakan bahwa tidur yang sehat adalah tidur dalam kondisi yang gelap. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan tapi memang ada alasan khusus mengapa tidur dalam kondisi yang gelap justru menyehatkan. Orang yang terbiasa tidur dengan kondisi gelap akan terhindar dari sinar lampu neon yang mengeluarkan cahaya yang berbahaya bagi tubuh. Pekerja yang terlalu lama bekerja di bawah lampu neon pun juga tidak bagus untuk kesehatan mereka, kebanyakan pekerja malam hari akan mudah terkena penyakit dibandingkan dengan pekerja siang hari. Ternyata lampu padam tidak hanya berguna untuk kesehatan saja, namun lampu yang dipadamkan bisa mengobati insomnia seseorang. Ketika tidur dengan kondisi lampu yang menyala dan terang, orang tersebut akan mudah sekali pusing dan mata menjadi silau sehingga sulit untuk memejamkan mata.

10. Aromatherapy


Untuk bisa menjaga tidur anda tetap nyenyak dan terhindar dari insomnia ada bisa menggunakan aromatheray. Mencegah insomnia dan mengobati insomnia bisa dengan aromatherapy ini. Ada banyak jenis aromatherapy yang bisa dipilih misalnya saja adalah wangi bunga, wangi buah dan lain sebagainya. Pilihlah aromatherapy yang anda suka dan jangan menggunakan aromatherapy yang justru menusuk hidung anda.
loading...
Top