Hati-hati Ladies! Akibat Kurang Tidur, Resiko Idap Kanker Payudara Lebih TInggi

Salah satu penyakit yang paling ditakuti dan sering sekali terserang kepada kaum wanita adalah Kanker payudara. Banyak factor yang mempengaruhi tumbuhnya sel kanker ini di tubuh kita, salah satunya adalah kurang tidur, bagaimana bisa?



BACA JUGA: Unik! Berangkat Pake Vespa Sambil Ditemani 2 Ekor Kucing, Pasangan Asal Malang Ini Haneymoon Sampai Bali..

Dikutip dari healt.liputan6, Hal ini terjadi karena hormone, seperti kata peneliti Michigan State University, Amerika Serikat "Saat kebutuhan tidur tercukupi, ini artinya hormon melatonin meningkat dan mampu menghentikan perkembangan kanker payudara,".

Penyebab ini baru diketahui lewat studi laboratorium. Peneliti menumbuhkan sel-sel kanker menggunakan hormon estrogen. Rupanya, melatonin mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan melatonin.

Apa yang hubungannya dengan tiidur? Ternyata produksi melatonin terjadi di malam hari saat kita tidur. Sementara kehidupan manusia modern mempengaruhi pasokan melatonin, seperti disebutkan dalam jurnal Genes & Cancer.

Peneliti pun menyarankan agar para wanita fokus pada kualitas dan durasi tidur agar bisa mendapatkan asupan melatonin. National Sleep Foundation menyarankan tidur dengan durasi dan waktu yang rutin setiap hari, termasuk hari libur.

Nah ladies.. untuk menghindari agar penyakit ini tumbuh ditubuh kita, jagalah waktu tidur mu. Hindari juga alcohol, rokok dan makanan berat agar tidur bisa lebih nyenyak dan hormone melatonin bisa berproduksi dengan baik.
Top