Hal Sederhana Agar Selepas Subuh Tak Tidur Lagi



Memang selepas shubuh sering mengalami rasa ngantuk. Padahal sebenarnya, masih banyak aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan di pagi hari lho. Jadi, sayang banget kalau terlewati begitu aja.

Karena itu, simak yuk 10 tips yang udah Hipwee siapkan supaya kamu nggak tidur lagi setelah shalat Subuh!


1. Walaupun dingin, mandi sebelum shalat bagus untuk kesegaran tubuh



Air yang dingin sering membuatmu malas untuk mandi pagi. Padahal sebenarnya, dinginnya itu hanya akan terasa di guyuran awal saja. Setelahnya, tubuhmu akan menyesuaikan dan airnya tidak lagi terasa sangat dingin. Mandi pagi juga berguna untuk memperlancar peredaran darah. Setelah mandi, kamu pun akan merasa segar dan siap memulai kegiatan. Dijamin deh kesegarannya sangat terasa ketika kamu melaksanakan ibadah shalat dan setelahnya.

2. Lakukan ibadah lainnya. Sekalian menumpuk pahala 



Kata ibumu: Abis shalat jangan lupa dzikir dan baca Al-qur an ya Dek.

Jawabmu: Iya Maaaa… *lalu tidur lagi*

Sayang banget kalau pagi hari nggak dimulai dengan hal positif. Mumpung masih pagi dan belum banyak aktivitas yang harus dilakukan, kamu bisa nih memanfaatkan pagi harimu dengan beribadah.
Menjelang siang hingga malam hari-harimu dipenuhi dengan aktivitas duniawi. Jadi, nggak ada salahnya dong memaksimalkan beribadah setelah shalat Subuh?

3. Kamu juga bisa membuat jadwal kegiatan yang ingin dilakukan selama seharian penuh. Biar hidupmu lebih tertata


Merencanakan hal apa aja yang akan dilakukan hari ini sangat membantumu menentukan prioritas. Secara nggak langsung kamu telah melatih bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Tugas-tugas pun dapat terselesaikan dengan baik. Nggak hanya itu aja, kamu juga bisa melihat apakah di siang atau sore nanti memiliki waktu luang yang bisa kamu gunakan bersama keluarga maupun teman-teman. Kalau nggak punya? Ya main-mainnya ditunda sampai besok. Dengan begitu, kamu pun nggak akan ketetran.


4. Biar gak dibilang ketinggalan info, menonton berita terkini di pagi hari bisa diterapkan lho



Mengikuti perkembangan informasi dunia terkini memang perlu sebagai makhluk sosial. Perbincangan dengan orang sekitar seringkali menyangkut tentang peristiwa terbaru. Ada kalanya temanmu membutuhkan komentar atau opinimu mengenai isu tersebut. Untuk itu, nggak mau dong kamu ketinggalan berita dan mengecewakan lawan bicara? Lagipula, menonton berita menambah pengetahuanmu lebih luas.

5. Udara pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karenanya, cobalah jalan-jalan di lingkungan sekitar



Udara di pagi hari masih jauh dari polusi. Karena itu, udara pagi sangat bagus bagi kesegaran tubuh dan pikiran. Kamu bisa ke luar rumah sebentar untuk berjalan-jalan di sekitar sambil menghirup udara segar. Adanya embun pagi juga memberikan efek positif untukmu memulai pekerjaan.


Begitu banyak nikmat yang didapat dari kegiatan positif di pagi hari. Dengan tidak tidur kembali, berarti kamu telah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengatur pola tidur dan kegiatan. Tubuhmu menjadi lebih sehat dan otak dapat berpikir dengan jernih. Dengan begitu, kegiatan sehari-hari akan berjalan dengan lancar dan baik untuk dirimu.
Top