Gegerkan Warga Sumenep, Benda Misteriusa Yang Jatuh Dari Langit dan Hancurkan Kandang Ayam Ternyata Adalah Sebuah ...

Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin membenarkan ada benda langit yang jatuh di wilayah Sumenep Madura pada senin (26/9/2016).

Setelah dilakukan penelitian terhadap benda langit misterius tersebut,Misteriusa Yang Jatuh Dari Langit dan Hancurkan Kandang Ayam Ternyata Adalah Sebuah sampah antariksa berupa roket bekas.

Objek pertama yang sudah diteliti merupakan bekas roket Delta 2 PAM-D yang melintas pukul 06.27 dan objek bekas roket Falcon 9 yang melintas pukul 09.21.



Sedangkan object lainya merupakan sisa roket Falcon 9 tingkat 2. Roket Falcon 2 milik Space-X, Amerika Serikat, yang telah digunakan mengorbitkan satelit JCSAT 16 pada 14 Agustus 2016.

Menurut Djamaluddin, Indonesia sudah beberapa kali menjadi lokasi jatuhnya benda langit yang masuk dalam kategori sampah antarika.  Tercatat oleh LAPAN menurut sedikitnya sudah sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1981, 1988 dan tahun 2003.

“Sampai saat ini LAPAN telah menerima dan menyimpan objek sampah antariksa yang jatuh di Indonesia: 1981 dari Gorontalo (bekas tabung bahan bakar roket Rusia), 1988 dari Lampung (bekas tabung bahan bakar roket Rusia), dan 2003 dari Bengkulu (pecahan roket RRT)” tulis Thomas Djamaluddin di akun Facebook pribadinya.

Seperti dilansir kompas.com, benda langit misterius yang jatuh berukuran seperti drum aspal dan berwarna hitam pekat. Benda tersebut dililit bahan seperti plastik dan tali rafia, sedangkan tiga benda lainnya berupa logam hangus seperti habis terbakar.



Benda tersebut menimpa sebuah kandang milik warga Sumenep sehingga mengakibatkan rusak. Seorang warga bernama Asmar mengaku bahwa dirinya melihat benda misterius yang jatuh dari langit menimpa kandang sekitar pukul 10.00 WIB. Saat kejadian tersebut terdengar dentuman keras di udara sebelum benda-benda itu jatuh dari langit.
Top