Ditimpa Musibah Dari Allah? Berbahagialah!

Allah menguji hambanya ketika hidup di Dunia. Ujian ini bisa dalam berbagai bentuk, seperti sakit, bencana, ataupun kejadian tertentu yang membuat kita terpuruk. Tapi berbahagialah kamu ketika Allah Mengujimu, Kenapa??



BACA JUGA: Tertawakan Orang Kentut Termasuk Tindakan Jahiliyah?

Allah menguji hambanya yang mengaku beriman kepadanya, hal ini juga bentuk hukuman Allah kepada kita. Seperti halnya ketika kita tidak mengerjakan tugas, kita pasti di tegur dan di hukum kan? Begitu juga Allah.

Sebagaimana telah dikatakan oleh Allah melalui firman-Nya, “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu),” (QS. Asy Syuuraa: 30).

Allah juga berfirman, “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari dirimu sendiri,” (QS. An Nisaa`: 79). Ibnu Katsir berkata, “Maksud ‘dari dirimu’ adalah dengan sebab dosamu.”

Tetapi, kita patut bahagia, jikalau Allah menimpakan hukuman kepada kita di dunia ini. Loh kok bahagia? Sebab, jika Allah menghendaki kebaikan atas hamba-Nya, Allah akan menyegerakan akibat dari kesalahan yang diperbuatnya di dunia dan tidak menangguhkannya di akhirat. Hingga ia bertemu dengan Allah di akhirat nanti dalam keadaan bersih dari kesalahan.

Maka, patut bagi kita bersyukur bahwa Allah menegur kita di dunia. Dan kita jangan pernah lewatkan kesempatan yang Allah berikan ini. Ketika musibah datang, segeralah evaluasi diri dan bertaubat kepada Allah. Yakinlah, Allah akan mengampuni kesalahan kita dan mengembalikan kita dalam keadaan bersih dari dosa, Subhanallah.
loading...
Top