Desain uang Kertas Terbaik di Indonesia Ini, Tembus Hingga Dunia!

Meskipun jaman sudah modern dan banyak sekali media pengganti uang, seperti kartu kredit, tapi penggunaan uang tunai masih banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.



BACA JUGA: Kejam! Bangun Dari Koma 10 Tahun, "Bocah Hantu" Ini Beberkan Fakta Mengejutkan!

Ngomongin soal uang, tahukah kamu? Ternyata desain uang di Indonesia adalah yang terbaik di Dunia loh! Tidak percaya?

Hal ini Diklaim, Selain karena dibuat dengan bahan yang berkualitas, desainnya pun mendapat banyak pujian dari dalam dan luar negeri. Sebelum diedarkan, uang NKRI haruslah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan, Internal BI, dan juga Presiden RI.

Tak hanya itu saja, pembuatan model uang Indonesia sangat rumt dan menggunakan teknologi canggih, sehingga sulit untuk dipalsukan. Berbeda dengan sekarang, Uang jaman dahulu yang terbit antara tahun 1952-1988 masih mencamtumkan nama desaigner dari uang kertas tersebut dibagian kiri bawah.

Awalnya, uang kertas NKRI diterbitkan dengan tema atau seri tertentu, seperti: seri binatang (1957), seri flora/fauna (1959), seri pekerjaan tangan (1958-1964), seri Soekarno (1960-1961), dan seri Sudirman (1968). Sayang, kini uang kertas NKRI hanya diterbitkan dengan tema yang acak. Bahkan sejak edisi 1992, uang-uang kertas Indonesia tidak lagi mencantumkan nama perancangnya.

Meski demikian, desain uang kertas NKRI tercatat sebagai desain uang kertas terbaik di dunia. Desain terbaik ini didapat oleh pecahan uang Indonesia bernilai Rp 10.000 pada tahun 1975. Pecahan ini dirancang oleh almarhum Junalies. Mata uang ini dikatakan terbaik se-Asia bahkan dunia. Uang Rp10.000 ini memiliki corak yang indah dan khas. Gambar relief seolah mengingatkan kita akan kejayaan dan supremasi Bangsa Indonesia dimasa lalu, dan tentunya uang ini memiliki corak kebudayaan yang kental.



Oleh karena itu, selain ragam budaya dan alam di Indonesia, kita juga harus bangga ‘pernah’ memiliki desain uang kertas terbaik di Dunia. Semoga dengan munculnya uang baru yang digadang-gadang akan muncul beberapa tahun kedepan, prestasi ini bisa diraih oleh Indonesia lagi.
loading...
Top