Cek Apakah Kamu Gunakan 5 Aplikasi yang Sedot Kuota Tanpa Disadari ini!



Sebuah smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan, tak hanya sebagai komunikasi namun banyak orang yang memanfaatkan sebuah smartphone sebagai sarana mengais rejeki.

Maka tidak heran pastinya para pengguna smartphone akan berlangganan kuota internet untuk menunjang aplikasi yang mereka gunakan. Karena tanpa bantuan sebuah aplikasi tentu smartphone kurang fungsi dan manfaatnya. Apalagi saat ini media sosial sudah mulai gencar memperbarui dan mempercantik halaman aplikasi mereka.

Ada beberapa aplikasi selalu melakukan update dan lainya membuat penggunaan data terus tersedot. Kadang tanpa disadari bahwa beberapa aplikasi ini justru yang doyan banget nyedot kuota data.

Berikut beberapa aplikasi yang perlu diwaspadai,

1. YouTube


Sering menonton video melalui YouTube? Aplikasi ini menampilkan berbagai macam konten video di dalamnya.
Dengan melakukan streaming video, maka secara otomatis data yang kalian keluarkan tentu berukuran besar.
Belum lagi saat ini sudah ketambahan fitur offline, sebaiknya kalian mendownload video yang ingin kalian tonton saat berada pada wifi kantor atau manapun sehingga kuota data kalian akan tetap terjaga.

Baca Juga : Yuk Belajar Tombol -Tombol Komputer, Biar Nggak Dibilang Gaptek

Namun terkadang fitur ini juga berbahaya lho! Sistem penyimpanan file offline pada YouTube yang terkadang dinilai sampah pada perangkat Android kadang justru menyebabkan kalian mendownload ulang file tersebut. Nah kalau kalian sedang terkoneksi pada WiFi tentu tak masalah, namun jika paket data yang kalian gunakan?
Tentu kuotamu akan terbuang lagi kan, guys.

2. Instagram


Aplikasi media sosial yang menyajikan foto dan juga video ini juga salah satunya. Biasanya kita akan bertahan di dalam aplikasi ini jika menemukan akun yang menyajikan gambar-gambar yang menarik.  Apalagi jika video. Nah, itulah yang terkadang menyebabkan kuota data kalian akan tergerus habis.

3. Facebook Mobile



Banyak orang menyukai video-video menarik yang sering di share pada laman Facebook. Oleh karena itu, Facebook sudah mulai menyajikan fitur autoplay pada video yang muncul di halaman mereka. Tentu hal itu menjadi bumerang bagi kita sendiri. Bukannya memudahkan justru kita akan mengalami krisis kuota data karena sistem play otomatisnya tersebut.
Untungnya, fitur autoplay pada Facebook ini bisa kalian matikan lho. Caranya dengan masuk ke More pada bagian pojok bawah kanan kemudian pilih Settings. Pilih Account Settings kemudian tekan Videos and Photos lalu tekan Autoplay dan matikan fitur ini.

4. Spotify


Tahu aplikasi Spotify kan?
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi music streaming pada perangkat smartphone. Selain itu masih ada beberapa aplikasi lainnya juga lho. Streaming musik sekali-kali memang tidaklah begitu memakan kuota kalian. Tapi berbeda jika kaiian melakukannya sering-sering. Belum lagi jika kalian menggunakannya dalam keadaan high quality.
Bisa saja kuota data kalian habis karenanya.

Baca Juga : Ini Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Meledak Hingga 92 Kali itu

5. Smule



Nah, aplikasi karaoke online yang sedang booming ini bisa saja jadi penyebab hilangnya kuota data kalian. Dengan aplikasi ini, seseorang dapat membuat videoklipnya sendiri. Kalian harus online jika ingin melakukannya. Tentu kuota data yang dibutuhkan aplikasi ini tidaklah sedikit. Dengan kata lain, kalian harus menyetorkan sejumlah kuota data kalian jika ingin berkaraoke dengan aplikasi ini. Nah itu tadi lima aplikasi umum yang sering nyedot kuota data.

Jika kalian memilikinya, tak ada salahnya untuk mengatur penggunaannya. Kalian juga bisa melakukan setelan pada beberapa aplikasi di atas agar penggunaan data kalian tetap terjaga.
Top