Cara Sederhana Membiasakan Diri untuk Berpikir Positif


Berpikir positif bukan berarti Anda mengabaikan musibah yang sedang dialami, melainkan suatu cara dalam menyikapi dan menangani situasi tersebut dari sudut pandang yang lebih baik. Cara-cara berikut dapat dicoba untuk membiasakan diri berpikir positif.

Bicara pada diri sendiri


Berpikir positif dalam hal ini diartikan sebagai bicara hal-hal positif pada diri sendiri berdasarkan alasan dan logika. Sebaliknya, memenuhi kepala dengan pemikiran negatif akan membuat Anda lebih berat dalam menjalani situasi buruk.

Syukuri hal-hal baik, besar maupun kecil di dalam hidup Anda



Tuliskan ke dalam catatan hal-hal bahagia yang patut Anda syukuri, yang dapat Anda baca kembali saat pikiran negatif melanda.

BACA JUGA : Makanlah Nasi Secukupnya, Ini Bahaya Terlalu Sering Makan Nasi

Tidak masalah untuk sesekali memiliki pikiran negatif



Kuncinya adalah berlatih bagaimana mengubah pikiran negatif ini menjadi positif. Lakukan introspeksi tiap hari dan evaluasi apa saja yang Anda pikirkan. Jika diperlukan, Anda dapat menuliskan pikiran-pikiran negatif Anda untuk mengubahnya menjadi positif.  Ubah kalimat-kalimat negatif menjadi positif seperti, “Saya dalam masalah besar.”, menjadi, “Ini kesempatan untuk membuat perubahan.”

Temukan area dan cara-cara yang perlu diambil untuk melakukan perubahan positif



Upayakan untuk memperbaiki hubungan sosial yang sedang mengalami masalah. Atau dalam hal ini, memutuskan hubungan pun disarankan jika memang selama menjalaninya tidak memberikan Anda ketenangan. Anda dapat juga mengubah hal-hal sederhana lain, seperti mengubah cara berangkat ke kantor yang membuat stres dengan rute atau kendaraan yang lebih efisien.

Bertemanlah dengan orang-orang yang berpikiran positif demi bisa mendukung pengembangan diri Anda



Sebaliknya, bergaul dengan orang-orang berwatak negatif dapat membuat Anda meragukan diri sendiri dan menurunkan kemampuan Anda mengelola stres.

Yoga, relaksasi, meditasi, dan berdoa



Cara-cara ini bertujuan menenangkan pikiran dan tubuh agar dapat berpikir positif.
Top