Bersyukur Bisa Makan Tempe di Indonesia, Karena di Inggris Makan Tempe Bisa Habiskan 200ribu Perporsi!

Mungkin bagi masyarakat Indonesia, tempe adalah makanan bagi masyarakat kalangan menengah kebawah. Tapi ternyata, tempe sangat digemari oleh para Bule Inggris yang mampir Ke Indonesia, Tahu Kenapa?



BACA JUGA: Air Bisa Mengalir Keatas? Ya Hanya Di Bendungan Ini Saja!

Hal ini dikarenakan, tempe menjadi barang mewah di Inggris. Peneliti tempe dari Inggris, Jonathan Agranoff mengungkapkan, jika tempe menjadi makanan mewah dan langka disana.

Saking langkanya warga Inggris rela merogoh kocek hingga US$ 20 atau sekitar Rp 261.440 per porsi menu tempe. "Tempe lamtoro ini sangat susah payah bikinnya. Harus dijual mahal. Ini barang langka dan harus dijual mahal. Di London tempe barang langka dan mewah biasa dikonsumsi orang vegan dan vegetarian dengan kualitas bagus untuk satu porsi di restoran mereka mau bayar 20 dolar biasa. Jadi Indonesia harus meniru cara ini," ujar Agranoff kepada Liputan6.com saat berkunjung di Yogyakarta.

Dilansir dari laman BBC, Sabtu (24/9/2016), William Mitchell seorang pemilik warung tempe di London mengatakan ia sangat suka tempe. Bahkan William Mitchell belajar secara khusus cara membuat tempe di banyak kota di Jawa. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk memproduksi sendiri dan menjual tempe di London, Inggris.

"Saya pikir kalau saya suka tempe, dan saya mengambil risiko dengan mulai produksi dan jual tempe," ujar William Mitchell seraya menunjukkan resep tempe yang laris di London.

William berjualan di warungnya selama tiga hari dan selebihnya dipakai untuk produksi dan memasak tempe, yang dibuatnya dengan resep kari kuning dan tempe jinten. Wah.. patut bersyukur ya kita hidup di Indonesia. Gak nyangka banget kan, tempe yang bisa dibilang murah di Indonesia menjadi sangat mahal di Inggris.
loading...
Top