Berikut 10 Tempat Paling Ampuh untuk Mencari Inspirasi dan Ide

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 26 Sep 2016

Berikut 10 Tempat Paling Ampuh untuk Mencari Inspirasi dan Ide

Inspirasi atau ide adalah sesuatu yang kita gunakan untuk membuat suatu karya yang baru dan berbeda. Dengan inspirasi atau ide tersebut, kita bisa menghasilkan karya-karya yang bernilai tinggi, seperti musik, film, cerita atau yang lainnya. Tiap-tiap orang memiliki potensi yang sama untuk menghasilkan suatu inspirasi atau ide, tergantung dari tingkat kreativitas dan pengetahuan masing-masing.

Namun terkadang untuk menemukan inspirasi atau ide sangatlah sulit. Semua orang, bahkan orang yang kreatif pun, pasti pernah tiba-tiba mengalami lack of inspiration atau mati ide, di mana kita tidak bisa mengeluarkan inspirasi atau ide-ide yang biasanya. Hal ini terjadi karena rutinitas sehari-hari kita yang mungkin membuat kita stress sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih.

Bagi sebagian orang, tempat-tempat tertentu bisa menyegarkan pikiran dan membuat kerja otak untuk menghasilkan inspirasi atau ide kembali lagi. Lantas, tempat-tempat seperti apa saja yang bisa membuat kita bisa lebih mudah menghasilkan inspirasi dan ide? Di lansir dari zakipedia, berikut 10 adalah tempat paling ampuh untuk mencari inspirasi dan ide.

1. Kamar Pribadi

Kamar pribadi adalah tempat yang paling tepat untuk mencari inspirasi dan ide, terutama saat kita berada di atas tempat tidur. Di situ, kita akan merefresh pikiran kita sehingga bisa mencari inspirasi dan ide yang baru. Adapun waktu yang paling tepat adalah saat sebelum tidur, di mana kita biasa mereview semua kegiatan yang kita lakukan hari itu dan juga saat bangun tidur, di mana kita masih terpengaruh mimpi yang kita alami sehingga memiliki potensi untuk menghasilkan ide yang baru.

2. Toilet atau WC

Tidak bisa dipungkiri jika saat kita berada di toilet atau WC, otak kita seakan kaya akan inspirasi. Beberapa orang, terutama laki-laki mengaku akan mendapat banyak inspirasi saat duduk termenung di toilet. Namun meski sering mendapat inspirasi saat di toilet, kebanyakan orang mengaku lupa akan inspirasi-inspirasi yang ada saat sudah keluar dari toilet dan kembali menjalani aktivitas yang lain.

BACA JUGA : Tersadar Dari Koma, Kakek 81 Tahun Ini Kecanduan Seks

3. Taman

Taman adalah tempat paling ampuh lainnya untuk mencari inspirasi atau ide. Suasana taman yang dipenuhi oleh keindahan bunga-bunga dan rumput yang hijau dapat memicu kerja otak kita untuk menghasilkan inspirasi dan ide-ide yang baru. Taman juga dapat membuat otak kita lebih rileks dan santai dalam berpikir.

4. Perpustakaan

Dengan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan, kita dapat menghasilkan inspirasi dan ide-ide yang mungkin tidak bisa kita dapat di tempat-tempat lain. Buku-buku yang santai dan tidak berhubungan dengan pekerjaan, seperti novel, komik atau majalah dapat merefresh otak kita untuk lebih tanggap dalam berpikir.

5. Ruang Ibadah

Ketenangan dan keheningan ruang ibadah juga dapat kita gunakan untuk mencari inspirasi dan ide-ide yang baru. Setelah beribadah dengan khusyu, kita bisa merenung untuk sementara sembari memikirkan inspirasi dan ide yang baru.

6. Jalan Raya

Dengan melihat kondisi jalan raya yang ramai akan lalu lalang kendaraan, kita bisa mendapat inspirasi dan ide yang kita inginkan. Sewaktu dalam perjalanan di mobil atau transportasi umum dan kita mengamati suasana jalan raya sekitar, maka otak kita akan lebih peka dalam mencari inspirasi yang baru.

7. Kebun Binatang

Kebun binatang juga merupakan tempat yang ampuh untuk mencari inspirasi dan ide. Dengan melihat tingkah laku binatang-binatang yang ada di sebuah kebun binatang, maka kita bisa mendapatkan inspirasi dan ide yang baru.

8. Teras Rumah

Saat malam hari, teras rumah adalah tempat yang paling tepat untuk mencari inspirasi dan ide. Duduk sambil melihat bintang-bintang di langit saat malam hari dapat membuat kita lebih cepat dalam mencari inspirasi dan ide.

9. Bioskop

Menonton film di bioskop rupanya juga bisa menjadikan kita lebih cepat untuk mencari inspirasi. Influence dari film yang kita tonton serta suasana di bioskop yang gelap dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencari inspirasi baru.


10. Dunia Maya / online

Dunia maya adalah 'tempat' yang tepat untuk kita mencari inspirasi. Dengan menjelajah dunia maya lewat internet, kita dapat menemukan hal-hal yang baru berupa informasi atau sekedar hiburan yang membuat kita menemukan inspirasi dan ide yang baru.
SHARE ARTIKEL