Berburu Terpedo Kambing di Hari Raya Kurban, Benarkah Bisa Tingkatkan......



Ada yang menarik soal Idul Adha. Selain soal keramaian saat Shalat Id berjamaah di lapangan, yang masih terkenang adalah banyaknya warga pemburu 'terpedo' kambing. Dulu di kampung-kampung tempat para warga memotong hewan kurban, terpedo kambing menjadi incaran. Selain dipercaya untuk kesehatan, ternyata torpedo kambing juga menjadi incaran para pengantin baru.

Setelah kambing kurban dipotong, terpedonya diberikan kepada pengantin baru. Benarkah hal ini bisa menambah vitalitas pria? Sekedar isu ataukah fakta?

Ada beberapa dokter membenarkan bahwa bagian ini bisa meningkatkan gairah seks. Tapi awas jangan berlebihan, sebab kandungan kolesterolnya juga bisa mengancam jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga : 
“Seseorang bisa berqurban dengan seekor kambing (diniatkan) untuk dirinya dan satu keluarganya." Benarkah?
Benarkah Bacaan Takbir Idul Adha Tetap Dikumandangkan Hingga tanggal 13 Dzulhijjah dan Seperti ini Bacaanya
Unik Kambing 15 Juta/Ekor untuk Kurban Idul Adha Tahun ini, Wah Sama dengan Harga Sapi

Torpedo atau p3nis kambing diketahui mengandung testosteron, yang di dalam tubuh manusia disebut hormon laki-laki dan diyakini paling berperan dalam memelihara fungsi seksual. Salah satu fungsinya adalah membangkitkan libido alias gairah seksual.

Hal itu dibenarkan oleh pakar hidup sehat dari Perpasti (Perkumpulan Praktisi Awet Sehat Indonesia), dr Phaidon L Toruan, MM. Meski demikian, ia berpesan agar para laki-laki tidak terlalu menggantungkan harapan pada torpedo kambing karena tetap ada sisi negatifnya.

"Di dalam tubuh, testosteron juga akan dipecah jadi kolesterol. Kalau berlebihan, efeknya malah bisa menyumbat pembuluh darah. Maunya bergairah, salah-salah justru sakit jantung nantinya," ungkap dr Phaidon.

Pendapat senada juga disampaikan oleh praktisi klinis dari Universitas Indonesia, Dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Menurutnya tidak salah jika torpedo kambing dikatakan bisa meningkatkan gairah seks, karena mengandung protein arginin yang bisa meningkatkan senyawa nitro oksida (NO).

Pada alat kelamin laki-laki, senyawa ini sangat dibutuhkan dalam proses ereksi. Beberapa obat untuk mengatasi disfungsi ereksi juga bekerja dengan meningkatkan kadar NO di p3nis sehingga pembuluh darah melebar dan er3ksi bisa berlangsung lebih lama.

"Bahwa torpedo kambing ada manfaatnya bagi fungsi seksual laki-laki, itu benar karena memang ada kandungan protein yang disebut arginin. Tapi memang tidak sehebat yang dibayangkan, saya pikir itu karena terlalu di-blow up saja," ungkap Dr Ari.

Sayangnya pakar seksologi dari Universitas Udayana, Prof Dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS agak berbeda pendapat. Menurutnya, arginin tidak hanya terdapat di dalam torpedo kambing tetapi juga bisa ditemukan di setiap bagian tubuh manusia.

"Apakah di torpedo juga banyak arginin, tentu diperlukan penelitian. Tapi andaikata benar, tidak berarti dengan langsung memakan torpedo pasti bermanfaat. Yang pasti, torpedo hanya mitos belaka," tegas Prof Wimpie

Jika ditarik kesimpulan, maka para laki-laki boleh meyakini bahwa secara teori p3nis atau torpedo kambing bisa meningkatkan gairah seks. Namun jika secara ilmiah belum ada bukti kuat untuk mendukungnya, maka sebaiknya memang jangan berharap terlalu banyak.

Kalaupun ada laki-laki yang sangat membutuhkan pendongkrak gairah saat bercinta, dr Phaidon menyarankan untuk mengonsumsi jinten hitam (Nigella sativa Linn). Menurutnya jinten hitam lebih aman dibanding torpedo kambing karena tidak mengandung kolesterol.

Nah, tidak apa-apa konsumsi torpedo, tapi jangan berharap lebih ya. Kalo lesu ya olahraga, hehehe.
Top