Benarkah Pesan Larangan Menyalakan AC saat Pertama Masuk Mobil Itu Hoax?



Sebuah pesan berantai tentang larangan menyalakan AC saat pertama kali masuk mobil beredar baik di media sosial maupun melalui aplikasi chatting.

Pesan berantai tersebut menyatakan bahwa kebiasaan langsung menyalakan AC saat pertama masuk ke dalam mobil, apalagi tanpa membuka kaca, dapat menyebabkan kanker yang bisa berujung dengan kematian.



Broadcast message tersebut menjelaskan bahwa itulah yang menjadi alasan kita harus membuka kaca terlebih dahulu sebelum menyalakan AC mobil. Tujuannya agar uap AC yang mengandung zat berbahaya tidak terhirup.

Benarkah demikian? Toyota Astra Motor (TAM), selaku pihak yang ditulis sebagai sumber info dari pesan berantai tersebut pun memberi jawaban. Dadi Hendriadi, Manager Technical Service PT TAM menegaskan bahwa isi pesan tersebut salah.

“Kalau soal uap tersebut, para produsen mobil termasuk Toyota, sudah sangat mempertimbangkan, pada saat mendesain bagian interior mobil. Proses tersebut juga termasuk pemilihan materialnya. Jadi info itu tidak benar,” ujar Dadi seperti dikutip dari kompas.com.

Meski demikian, Dadi mengakui bahwa dirinya juga suka membuka kaca mobil saat akan menyalakan AC. Namun, menurut Dadi, dia melakukannya bukan dengan alasan takut terkena asap beracun, melainkan karena ingin ruang kabin cepat dingin agar kerja AC tidak terlalu berat.

“Saya juga melakukan hal yang sama, buka jendela kalau interior panas berjemur. Namun itu untuk mengeluarkan udara panas di dalam mobil, dan membiarkan udara luar masuk. Ini supaya kabin lekas dingin,” ujar Dadi.

Mungkin sebaiknya kita lebih berhati hati jika pertama kali masuk mobil sebaiknya membuka jendela terlebih dahulu agar udara yang di dalamnya berganti dengan udara baru, daan selanjutnya anada dapat menyalakan ac jika udara yang masuk sudah terasa cukup.
loading...
Top