Begini Cara Mudah Melatih Otot, Hanya dengan Angkat Beban Ringan


Tidak sedikit orang yang berpiki bahwa latihan dengan mengangkat beban yang berat akan membantu proses pembentukan otot. Sayangnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebuah peneliatian yang baru saja diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, menunjukkan fakta yang mengejutkan.

“Latihan beban dengan berat ringan namun melakukannya secara rutin atau secara terus-menerus, juga sama efektifnya dengan latihan menggunakan beban berat namun pengulangan yang lebih sedikit,” kata para peneliti di McMaster University di Ontario, Kanada.

Peneliti mengatakan, kunci untuk mendapatkan otot yang lebih jadi dan terbentuk adalah dengan cara membuat otot  Anda bekerja hingga mencapai titik kelelahan, terlepas dari berapa pun ukuran alat beban tersebut, seperti dilansir dari Everyday Health, Rabu (14/9/2016).

Hasil dari Eskperimen yang Mencengangkan Dunia!

Para ilmuwan dalam penelitian tersebut melakukan beragam eksperimen untuk mengukur, bagaimana otot-otot pada manusia bereaksi terhadap beberapa metode latihan. Tidak kaget memang, mereka menemukan fakta bahwa kontraksi otot dengan intensitas tinggi karena mengangkat beban berat akan memicu perkembangan pada massa otot.

Menarikanya, di saat yang sama, para ilmuwan memutuskan untuk memberikan latihan berbeda kepada relawan yang lain. Hasil dari eksperimen tersebut sangat mencengangkan dunia olah raga kebugaran di dunia.

Ketika sejumlah relawan melakukan latihan kehanan dengan beban yang beratnya lebih ringan namun melakukan pengulangan secara simultan sampai mereka mencapai kelelahan otot, ternyata hasil dari eksperimen tersebut menunjukkan hal yang identik terhadap metode latihan dengan mengangkat beban yang jauh lebih berat.

Temuan ini berarti, kamu tidak perlu memaksakan kekuatan tubuhmu untuk mengangkat beban yang terlampau berat. Kamu hanya perlu melakukan latihan dengan mengangkat beban yang tidak sampai mencederai otot tubuhmu, dengan tingkat konsistensi yang tinggi serta dilakukan secara simultan.

tertantang mencoba metode yang terbilang mudah ini ?, Jangan lupa bagikan
Top