Bawang Hitam, Bawang Untuk Pengobatan Yang Tergolong Langka


Black garlic atau Bawang Hitam mungkin belum banyak diketahui oleh setiap orang. Sebab setiap orang hanya mengetahui bawang putih dan bawang merah. Kini bawang putih hitam tengah naik daun, sebab dikenal akan khasiatnya yang begitu besar.

Jika dibandingkan dengan bawang merah dan bawang putih, black garlic atau bawang hitam ini memang tergolong langka. Namun rempah-rempah yang satu ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu, tepatnya di Korea, Jepang dan China sebagai suplemen kesehatan. Manfaatnya yang sangat banyak membuat bawang hitam kembali digemari oleh pelaku gaya hidup sehat maupun ahli gizi.

Lantas darimana sebenarnya bawang hitam dihasilkan? Bawang hitam didapat melalui proses penuaan bawang putih yang berlangsung sekitar 3 minggu. Bawang putih diproses dalam kondisi lembab dan panas untuk membantuk karamel pada daging bawang, termasuk membentuk rasa yang lebih kuat. Gula dan asam amino menghasilkan melanoidin membuat daging bawang putih berubah menjadi hitam.

Proses penuaan yang dilakukan pada bawang putih, tak hanya dapat memberikan warna hitam pekat saja, proses ini juga menguatkan beberapa manfaat tradisional dari bawang putih mulai dari mengatasi demam, menurunkan tekanan darah tinggi serta detoksifikasi tubuh dari racun dan logam yang berlebih. Namun tak hanya itu saja, bawang hitam juga memiliki manfaat lain yang pastinya begitu berdampak positif pada kesehatan tubuh.

BACA :  6 Manfaat Black  Garlic / Bawang Hitam
loading...
Top