Bahaya, Jangan Sembarangan Menggaruk Bagian Tubuh Ini


Kebiasaan menggaruk bagian tubuh yang gatal adalah sebuah hal yang wajar dilakukan sebagian besar orang. Efek puas dan nyaman ketika bagian gatal digaruk nyatanya membuat sebagian orang ketagihan. Namun sadarkah Anda bahwa itu adalah merupakan kebiasaan tak bagus? Alih-alih tidak hilang rasa gatal tapi malah akan membahayakan bagian gatal tersebut.

Berikut ini yang harus Anda perhatikan ketika hendak menggaruk bagian-bagian yang gatal.

Jerawat dan Komedo


Jerawat dan komedo pada muka memang akan dengan mudah memancing keinginan besar untuk menggaruk. Sayangnya, andai kita menggaruk atau bahkan memencet jerawat, apalagi jika dilakukan dengan tangan yang kotor, kita justru akan beresiko membuat bekas jerawat yang menghitam atau bahkan bopeng-bopeng. Kita pun akan kehilangan kecantikan wajah kita. Tak hanya itu, komedo yang terus digaruk juga bisa memicu infeksi dan bahkan bekas luka sehingga ada baiknya kita hindari.

Bekas Luka yang Mulai Mengering


Bekas luka yang sudah mulai mengering akan menimbulkan rasa gatal yang bukan main sebagai mekanisme alami penyembuhan. Kita harus kuat menahannnya karena andai tidak, maka kita bisa membuat luka baru muncul atau bahkan bekas luka ini akhirnya terinfeksi. Hal ini tentu sangat tidak baik, bukan?

WAJIB BACA : Apa Benar Mandi dengan Cara Seperti Ini Bisa Memicu Stroke?

Bekas Gigitan Serangga


Saat kita tergigit nyamuk, semut, atau bahkan serangga lainnya, kulit akan langsung mengeluarkan reaksi berupa bentol-bentol dan rasa gatal. Memang, menggaruk rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga akan sangat nikmat. Namun, kita akan cenderung terlena saat menggaruknya sehingga pada akhirnya bekas gigitan ini mengalami iritasi dan juga inflamasi. Alih-alih menggaruknya, ada baiknya kita segera mengobati bekas gigitan serangga ini dengan obat oles atau pereda gatal-gatal agar cepat sembuh.

Uban


Rambut yang memutih ternyata juga bisa menimbulkan rasa gatal luar biasa. Namun, jika kita dengan kasar menggaruknya, yang terjadi adalah kulit kepala kita akan terinfeksi dan terluka. Ada baiknya kita menahan diri untuk tidak menggaruknya dan mulai memakai produk perawatan rambut yang lebih baik dalam menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala.
Top