ARAB SAUDI: Listrik Padam 15 Menit saat Jemaah Tengah Wukuf di Arafah



Listrik tiba-tiba padam saat jamaah haji sedang wukuf di Arafah, pada Minggu, 11 September 2016. Hal ini terjadi kurang lebih 10-15 menit pada sekitar pukul 15.15-15.30 waktu Saudi.

"Alhamdulillah bisa nyala lagi aliran listriknya," kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, di Padang Arafah.

Terkait padamnya listrik, Lukman meminta kepada petugas untuk mencari tahu penyebabnya. Apakah karena terlalu banyak penggunaan listrik di area tersebut, sehingga kebutuhan yang sangat vital di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) justru tidak bisa mendapatkan listrik.

Lukman yang juga amirul hajj mengatakan, petugas sudah mengantisipasi kejadian itu. Apalagi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah mempunyai generator sendiri sebagai cadangan.

Baca Juga : Sms Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H / 2016 M

"Tadi generator langsung berfungsi, sehingga ketika listrik padam, generator langsung nyala," kata dia. Namun, saat ini, listrik sudah kembali nyala.

Saat listrik padam, Menag langsung menginstruksikan beberapa tenda yang tidak difungsikan untuk dikurangi pasokan listriknya. Bahkan diminta untuk dimatikan aliran listriknya agar tidak menimbulkan beban terlalu besar.

Menurut Menag, klinik kesehatan akan fatal akibatnya jika tidak ada pasokan listrik. Karena, alat kesehatan sebagian besar menggunakan listrik, selain juga untuk membuat ruangan itu nyaman.

"Karena kalau ruangan panas, sangat mengganggu kesehatan. Pasien bisa langsung drop," kata amirul hajj.

Menag bersyukur situasi listrik padam bisa segera diatasi. Bagaimana pun, kejadian tersebut harus bisa menjadi pelajaran, sehingga bisa mengantisipasi lebih baik.

loading...
Top