Anda Pernah Dicakar Kucing? Inilah Akibatnya Jika Tidak Segera Disembuhkan


Tahukah anda bahwa kucing adalah hewan peliharaan yang begitu lucu dan menggemaskan. Sehingga bagi Anda yang memeliharanya, tentu Anda pasti gemar untuk bermain-main dengan si manis ini. Dan karena saking gemasnya, kucing bisa terganggu dan mencakar Anda.

Umumnya, Anda tak ambil pusing dengan cakaran ini. Anda hanya menganggapnya sebagai hal yang biasa. Namun sebuah penelitian yang dilansir dari soulofjakarta via medicaldaily menemukan bahwa sebuah cakaran kucing bisa menjadi pintu awal dari perpindahan bakteri berbahaya.

BACA JUGA : Fenomena Langka, Bayi Lahir Dengan Kondisi Masih Terbungkus Kantung Ketuban

Penyakit yang juga dikenal sebagai demam kucing ini berawal dari infeksi bakteri yang masuk ke tubuh manusia melalui cakaran atau gigitan kucing. Efek samping dari penyakit ini adalah sakit kepala, demam, serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Demam kucing ini sebenarnya disebabkan oleh bakteri Bartonella. Bakteri ini bekerja dengan cara melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu untuk memeranginya, pasien yang sudah terinfeksi dengan bakteri ini harus mengambil suntikan antibiotik. Dan jika tidak diobati dengan baik, bisa mengakibatkan komplikasi serius seperti ensefalopati dan neuroretinitis, dua jenis penyakit otak yang membahayakan.
Top