Anak Susah Diajak Makan, Ternyata Bisa Jadi Kita Sebagai Orang Tua Yang Salah

Banyak ibu yang mengeluh kesulitan membuat anak mereka mau membuka mulut untuk makan. Siapa sangka kalau penolakan tersebut bisa jadi karena kesalahan orangtua sendiri.



Susah makan atau hanya mau makan makanan tertentu sebenarnya adalah hal yang normal pada anak usia 1-3 tahun. Seperti yang di informasikan health.kompa.com Menurut dr.Dian Permatasari, Sp.GK, di usia ini anak memang lebih fokus pada kegiatan bermain sehingga tidak peduli dengan hal lain.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan orangtua yang keliru dalam mengajarkan pola makan yang sehat. Misalnya saja anak sering mengonsumsi jajanan dan susu.

"Karena anak sudah jajan dan minum susu, maka ia tidak punya rasa lapar," kata Dian.

Pemberian susu sebaiknya tidak berdekatan dengan waktu makan. Menurut Dian, susu hanya diberikan untuk melengkapi makan biasa dan bukan makanan utama.

Psikolog Anna Surti Ariani, M.Psi atau Nina, menambahkan, proses makan sangat terkait dengan faktor medis dan psikologis.

"Ada orangtua yang bingung karena anaknya seperti tidak pernah lapar. Kemungkinan itu karena jadwal makan anak tidak teratur," katanya.

Orangtua perlu mengajarkan rutinitas makan yang baik, yaitu makan besar tiga kali sehari dan camilan dua kali. Jangan biarkan anak makan sambil bermain atau berlarian.

"Saat makan biasakan anak ada di meja makan dan makan bersama orangtuanya sehingga anak tahu ada rutinitas makan. Kalau anak sudah makan makanan pendamping ASI, beri ia makanan yang sama seperti orangtua," papar Dian.

Kebiasaan makan bersama akan membantu anak mengamati cara orang lain makan dan merasakan berbagai makanan sehat yang disajikan.

"Sesekali ajak anak makan bersama anak-anak seusianya. Ini juga bisa jadi stimulasi sosial," imbuh Nina.

Mengajarkan anak pentingnya mengonsumsi makanan sehat diperlukan kesabaran. Tak perlu terlalu memaksa karena bisa membuat anak jadi trauma. Ajarkan dalam suasana yang menyenangkan dan konsisten.
Top