Air Bisa Mengalir Keatas? Ya Hanya Di Bendungan Ini Saja!

Air pasti mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Hal ini terjadi karena system gravitasi bumi yang akan menarik benda apa saja untuk jatuh, begitu juga dengan air. Tapi nyatanya tidak semua tempat di bumi dapat menarik air untuk jatuh, tidak percaya? Ya hanya di bendungan ini saja.



BACA JUGA: Salut! Kisah Model Cantik "Mandi" Dikubangan Air Ini, Ternyata Begitu Menginspirasi

Percayalah, seorang turis yang berkunjung ke bendungan Hoover membuktikan betapa kuatnya angin yang berhembus ke atas dengan sebuah eksperimen sederhana, yang seakan-akan didaerah tersebut tidak terdapat gravitasi.

Leslie Hutchings berdiri di puncak tembok bendungan dan bermaksud menuangkan air isi botolnya. Video yg ia unggah awalnya hanya ia posting ke akun Instagramnya, tampak air dari botol tidak mengalir ke bawah melainkan ke atas.

"Konstruksi bendungan menciptakan aliran udara ke atas yang memungkinkan air untuk bisa mengalahkan gravitasi. Jadi bukannya mengalir ke bawah, air justru mengalir ke atas terbawa oleh angin", ujar Leslie pada akun Youtube-nya.

Bendungan Hoover adalah bendungan di Black Canyon sungai Colorado, di perbatasan antara negara bagian Arizona dan Nevada. Ketika konstruksinya selsai tahun 1935, bendungan ini adalah fasilitas produsen listrik terbesar di dunia dan struktur terbesar di dunia.

Hoover Dam ialah bendungan lengkungan gravitasi beton. Yang artinya adalah, pondasinya bergantung pada gravitasi untuk menahan keseluruhan struktur bangunan agar tidak terjatuh.

Bendungan ini terletak di Black Canyon, Nevada, sekitar 50 kilometer dari Las Vegas. Tingginya 221 meter dan beratnya lebih dari 6,6 juta ton.  Sejak diunggah ke kanal video Youtube, lebih dari 1,7 juta orang telah menontonnya.
loading...
Top