5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan untuk Menjaga Sendi Agar Tetap Sehat dan Prima


Kesehatan merupakan hal yang mahal sekarang ini. Jika tidak ingin memiliki masalah kesehatan, maka jagalah pola makan dan gaya hidup, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Namun jika kamu memiliki masalah pada persendian di tubuh kamu, jangan khawatir, selalu ada solusi untuk setiap masalah. Berikut kami rangkumkan dari laman Times of India.

Jangan Mager, alias Malas Gerak

"Pergerakan sifatnya sangat vital. Mungkin hal tersebut adalah hal yang paling terakhir yang ingin Anda lakukan namun semakin banyak Anda bergerak, semakin berkurang kekakuan dan nyeri yang Anda alami,” ujar Dr. Yousef Habbab.

“Hindari diam cukup lama dalam satu posisi saja. Jadi, jika Anda bekerja di depan komputer, jangan lupa untuk berdiri dan bergerak paling tidak satu kali dalam satu jam.”

Olahraga ringan secara rutin

Aktivitas seperti bersepeda atau berjalan, lebih sehat bagi persendian daripada harus berlari atau aerobic, kata Dr Habbab. Latihan yang berkaitan dengan pergerakan tulang belakang seperti Tai Chi, pilates, dan yoga sangat berpengaruh untuk menjaga postur tubuh.


Jaga Bentuk Tubuh Tetap Ramping

"Berat badan yang berlebih sangat buruk untuk persendian Anda karena hal tersebut memberikan tekanan tambahan,” ujar ahli nutrisi Shona Wilkinson.

“Setiap tambahan kilogram yang Anda dapatkan memberikan tekanan pada lutut Anda dua kali lebih besar, dan menurunkan berat badan Anda walaupun dalam jumlah yang sedikit sangat mengurangi beban lutut Anda.”

Perhatikan Asupan Lubrikasi pada Sendi

kamu harus pertahankan sistem lubrikasi pada setiap bagian tubuh yang bergerak. “Asam lemak Omega-3 yang terdapat pada ikan bukan hanya memotong gejala yang berhubungan dengan nyeri pada sendi namun juga merubah tingkat inflamasi,” kata Shona.

Minyak ikan dapat memperlambat produksi sel penyebab inflamasi. Sumber terbaik untuk mendapatkan hal tersebut adalah ikan yang berminyak seperti salmon atau tuna segar.

Menjaga Postur Tubuh dengan Baik

Postur tubuh memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan sendi. Contohnya, membawa beban berat pada salah satu pundak bisa memaksa tubuh kamu untuk bergerak secara tidak alami yang bisa mengarah kepada nyeri pada lutut atau bahkan nyeri pinggang.

Cobalah untuk menyebar beban berat tersebut sedemikian rupa sehingga beban berat tidak bertumpu pada satu titik saja.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan, bagaiman cara mudah untuk menjaga kesehatan sendi. Yuk bagikan
loading...
Top