5 Buah ini Mampu Meredakan Demam Tinggi Pada Badan

Demam merupakan sebuah penyakit yang datangnya tidak menentu, ketika demam datang pastinyya hal itu akan sangat menghambat aktifitas kita. Terkadang dengan demam penyakit-penyakit yang lainpun akan ikut datang, seperti pilek, batuk, dan lain-lain.

Nah bagi Anda yang sering mengalami demam ini, berikut kami sampaikan 5 tips untuk meredakan demam menggunakan buah-buahan.

1. Delima Merah


Buah yang juga populer dengan nama pomegranate ini adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C super tinggi serta air yang begitu banyak. Buah ini berkhasiat tinggi dalam menurunkan panas tubuh karena kaya air dan vitamin C itu tadi. Faktanya, 40 persen kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita mampu dipenuhi dengan baik oleh 1 buah delima merah asalkan dikonsumsi secara rutin. Untuk pemulihan pun juga baik dan akan dengan cepat mengembalikan tingkat daya tahan tubuh seperti normal lagi.

BACA JUGA : Suka Minum Es Tebu? Ketahui 6 Efek Samping Mengkonsumsi Air Tebu

2. Kelapa



Bicara soal buah dengan kandungan air menyegarkan yang bisa diminum ketika sedang berada di pantai, tentu jawabannya adalah buah kelapa. Air yang terdapat di dalam buah kelapa mempunyai kandungan yang tidaklah sama dengan buah lainnya. Ini karena di dalam kelapa, airnya mengandung mineral dan ion tinggi sehingga bisa menjadi pengganti cairan hilang yang sangat baik.

Ketika demam, penderita akan kehilangan cukup banyak cairan dan air kelapa adalah salah satu yang paling baik untuk mengganti cairan tubuh tersebut. Perlu diketahui pula bahwa mineral dan ion pun termasuk baik untuk diandalkan sebagai penurun suhu tubuh. Jadi, kalau Anda demam atau bahkan anggota keluarga Anda, jangan ragu untuk mengonsumsi buah berair segar ini untuk kepulihan yang lebih cepat.


3. Melon


Sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin E tinggi, melon juga berkandungan air banyak yang tak hanya bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Melon pun memiliki khasiat sebagai penurun panas atau demam pada seseorang. Karena kandungan airnya yang begitu tinggi, tubuh penderita demam yang mengonsumsi melon akan segar kembali dengan cepat.

Sama halnya dengan air kelapa, tubuh penderita yang mulai kekurangan cairan bakal dapat dikembalikan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A super tinggi ini. Kandungan karotenoid di dalam buah ini juga termasuk tinggi sehingga tentunya bagus untuk kesehatan. Suhu tubuh bisa menjadi normal lagi dan metabolisme juga ikut terjaga.

4. Semangka


Termasuk di dalam jenis makanan penghancur lemak perut, semangka juga adalah salah satu buah dengan kandungan air banyak, yaitu sekitar 91 persen. Ketika suhu badan meningkat dan tubuh mengalami yang namanya kekurangan cairan, buah ini adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi agar suhu cepat turun.

Semangka adalah buah tepat bagi Anda yang ingin menjaga cairan tubuh tetap pada kadar normalnya. Bahkan buah semangka ini juga merupakan jenis buah yang kaya nutrisi, seperti vitamin B6, karbohidrat dan juga kalium. Untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh, buah ini boleh dimakan setiap hari, terutama saat sakit demam agar tubuh menjadi dingin.


5. Mentimun



Satu lagi jenis buah berkandungan air tinggi yang sebetulnya cukup sering dijadikan acar namun juga sangat segar bila dikonsumsi secara langsung. Mentimun akan menjauhkan Anda dari bahaya dehidrasi yang dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Karena cairan tubuh sangat penting untuk sistem kerja tubuh, Anda memerlukan mentimun ini.

Mengonsumsi rutin selama demam atau suhu badan tinggi adalah ide yang bagus karena selain bisa menyegarkan tubuh, mentimun juga kaya akan karbohidrat. Ada juga kandungan vitamin dan mineral tinggi seperti magnesium dan kalsium yang bisa Anda dapatkan dari buah ini. Energi tubuh pun akan kembali dengan cepat.
loading...
Top